Sarapan Sehat Ibu Hamil Untuk Morning Sickness

Bagi ibu hamil tentunya harus memenuhi asupan nutrisi dan kebutuhan khusus sesuai dengan perkembangan janin. Asupan makanan yang cukup akan membuat janin didalam perut mom menjadi lebih sehat. Untuk itu penuhi nutrisi melalui sarapan pagi. Pentingnya sarapan di pagi hari untuk menangkal morning sicknes. Sarapan merupakan salah satu cara terbaik untuk mengatasi morning sickness. Morning sickness bisa terjadi pada ibu yang sedang hamil, waktu yang sering terjadi biasanya dimulai pada pagi hari. Terlalu memilih dan memilah sarapan dan makan apah jangan di ambil ribet cukup siapkan beberapa buah, roti dan lainnya. Yang lebih dari biasanya ibu hamil akan mulai merasakan mual dan ingin terus-menerus muntah di pagi hari. Apabila mengalami kondisi seperti ini akan terasa tidak nyaman dan mual. Namun, istilah ini tidak sepenuhnya tepat, karena rasa mual pada saat kehamilan dapat terjadi pada kapan saja, baik pagi, siang, maupun malam hari.

Smoothie Avocado


Sarapan pagi dengan smoothie dari alpukat untuk bantu menyegarkan aktivitas di pagi hari. Dengan hal ini tentu untuk menangkal aktivitas ibunda yang sedang hamil dikarenakan rasa mual berlebih. Adapun cara sederhana untuk membuat sarapan pagi yang sehat yakni membuat smoothie avocado. Berikut ini cara membuatnya:


  1. Siapkan Buah Alpukat segar maupun buah lainnya yang mom sukai
  2. Lalu, blender secukupnya alpukat, pisang, raspberry dengan yoghurt dan kacang almond sampai halus.
  3. Tuang ke gelas dan ibunda bisa langsung menikmatinya.

Morning Sickness Copyright Pixabay


Alasan yang cukup penting dari manfaat buah Alpukat yang mengandung berbagai jenis lemak juga bisa membantu mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak janin. Beberapa di antaranya yakni lemak tak jenuh tunggal dan lemak jenuh nabati alami.

Telur dan Roti/Biscuit


Telur merupakan nutrisi penting bagi perkembangan ibundan dan janin didalam kandungan. Selain itu manfaat lain yang dipetik dari sebutir telur dibekali dengan kandungan zat besi dan mineral. Nutrisi ini sangat baik untuk dikonsumsi Mama yang sedang hamil di trimester pertama, karena membantu meningkatkan asupan energi.


  1. Siapkan telur, minyak dan bahan lainnya
  2. Goreng telur dengan butter atau minyak secukupnya, angkat.
  3. Sementara itu, ibunda bisa memanfaatkan waktu untuk memanggang dua lembar roti gandum. Setelah keduanya matang, sajikan telur di dalam roti gandum.
Beristirahat dengan cukup karena kelelahan dapat memperparah morning sickness. Ketika bangun tidur di pagi hari, sebelum beranjak dari tempat tidur, cobalah langsung makan sedikit roti kering atau biskuit.

Bubur Kacang dan Roti Selai


Beberapa jenis kacang yang bisa ibunda konsumsi misalnya almond, pistachio dan kacang mete. Selain itu juga bisa mengonsumsi olahan seperti bubur kacang hijau dan kacang merah. Kacang kaya akan kandungan protein, yang dapat membantu proses tumbuh kembang janin serta mengurangi mual yang dapat diasakan. Morning sickness seringkali membuat ingin makan makanan yang manis. Nah, agar asupan gula tak tiba-tiba meningkat di pagi hari, Mama bisa memilih menu yang manis tapi tak berlebihan.


  1. Misalnya yakni roti dan selai kacang. Oleskan selai kacang secukupnya pada lembaran roti, kemudian bisa langsung dikonsumsi.
  2. Ibunda bisa menyiapkan roti dan selai kacang langsung dapat dikonsumsi bersamaan dengan buah potong segar dan segelas susu.
  3. Ibunda yang sedang hamil juga bisa menambah segelas susu segar atau jus buah segar. 

Saran yang tepat untuk ibunda yang sedang hamil, jangan terlalu memikirkan morning sickness. Lakukan saja pada aktivitas ringan cukup menyenangkan. Seiring pertambahan usia janin, gejala morning sickness akan membaik. Secara umum gejala akan segera teratasi ketika kandungan berusia 12 minggu. Apabila sahabat womenia yang mengalami morning sickness untuk waktu yang lebih lama misalnya selama 3 hingga 4 bulan, bahkan sepanjang kehamilan.

0 Response to "Sarapan Sehat Ibu Hamil Untuk Morning Sickness"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel