Kenali Minuman Timbulkan Penyebab Kanker

Dehidrasi penyebab utama rasa haus yang ingin minuman segar. Apalagi dibarengi dengan aktivitas fisik berlebih seperti melakukan perjalanan jauh maupun setelah berolahraga. Aktivitas seperti setelah berolahraga di hari minggu atau weekend misalnya, tentunya merasakan haus dan biasanya sesegera mungkin untuk mengkonsumsi minuman dengan rasa manis dan cepat saji. Namun tidak hanya untuk menghilangkan rasa hausnya saja dan perlu anda ketahui bahwa ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko peyebab kanker. Dengan mengetahui beberapa resiko ini anda tentunya was-was, namun perlu sedikit dihindari dengan gaya hidup yang tidak sehat, seperti kebiasaan mengonsumsi makanan instan, makanan berlemak, dan minuman beralkohol.



Resiko kanker juga bisa timbul dari penyebabnya seperti dari sumber makanan dan minuman. Minuman segar juga jika di konsumsi secara berlebihan tidak baik bagi sistem pencernaan. Selain itu perlu diketahui bahwa bahan lain yang ditambahkan ke dalam makanan atau minuman instan juga diduga memiliki potensi untuk menyebabkan resiko kanker. Menurut beberapa penelitian yang di cetuskan oleh World Health Organization WHO dan Badan Internasional untuk Penelitian Kanker (IARC) seperti daging merah daging sapi, babi dan daging kambing. Dari berbagai jenis daging tersebut memang sumber protein dan mineral yang baik, akan tetapi juga disinyalir mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi sehingga jika dikonsumsi secara berlebih akan menimbulkan resiko kanker. Mengonsumsi makanan yang terlalu banyak juga seperti halnya daging merah bahayanya dapat meningkatkan risiko terkena kanker usus, kanker pankreas, dan kanker prostat. 

Minuman Timbulkan Penyebab Kanker (Rawpixel_Unsplash)


Selain pernyataan diatas terdapat minuman juga yang berpotensi memicu kanker, yaitu akrilamida. Bahan ini juga dapat terbentuk saat makanan yang kaya karbohidrat (mengandung tepung dan gula) seperti kentang, diolah dengan suhu yang tinggi. Minuman apa sajakah diantaranya?

Minuman Yang Mengandung Pemanis Buatan

Dengan rasa haus yang tinggi tentu lebih enaknya dengan minuman segar lagi dingin dengan rasa manis. Namun perlu anda ketahui bahwa minuman segar juga harus cermat jika mengandung bahan pemanis buatan yang memiliki kadar dan takaran yang cukup tinggi. Menurut beberapa penelitian yang dilakukan terhadap hewan, kombinasi pemanis buatan sakarin dan siklamat diketahui dapat menyebabkan resiko kanker kandung kemih. Namun alhasil informasi lebih lanjutnya belum memberikan bukti yang cukup jelas apakah akan timbul resiko kanker pada manusia.


Minuman Mengandung Bahan Pengawet Tinggi

Pengawet minuman bernama Sodium benzoat, biasanya mudah ditemukan terhadap makanan asam dan minuman bersoda. Sodium benzoat dalam minuman ringan dapat bereaksi menjadi benzene jika dipadukan dengan vitamin C. Bahan tersebut merupakan salah satu penyebab resiko kanker jika dalam takaran berlebihan.

Bahayanya Minuman Keras

Mengkonsumsi makanan dan minuman tentu mengenali pada label kemasan kadar zat tambahan seperti Sodium nitrit. Apabila mengkonsumsi minuman mengandung sodium nitrit berkadar tinggi diduga dapat memicu kanker lambung. Selain itu juga bahayanya dari mengkonsumsi minuman keras dengan peningkatan risiko kanker mulut, kanker tenggorokan, kanker esofagus, kanker payudara, kanker usus, kanker pankreas, serta kanker hati.


Nah itulah beberapa pengenalan mengenai besarnya resiko penyebab kanker. Maka dari itu direkomendasikan untuk mengonsumsi makanan dan minuman sehat seperti makanan berserat dan makanan yang kaya akan antioksidan dan juga rajin berolahraga secara teratur.

0 Response to "Kenali Minuman Timbulkan Penyebab Kanker"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel