Makan Cabe Bikin Pedes dan Keringetan Tapi Menyehatkan

Makanan pedas memang cukup menantang dan lagi bikin ketagihan, apalagi dengan rasa pedasnya yang cukup menggoyang lidah. Bagi anda yang suka dengan makanan pedas tentunya tidak jauh dengan yang namanya cabe atau pun cabai. Mengkonsumsi cabe baik secara langsung dengan makanan seperti gorengan dan ada juga yang mengonsumsinya dengan dibikin sambel. Bagi penulis pun juga seperti contohnya membuat Sambel Goang. Yang bikin pedesnya itu lho jika kita konsumsi akan terasa pedas dan keringetan. Cabai dikenal dengan mengandung senyawa kimia yakni Capsaicin senyawa tersebut berinteraksi dengan reseptor terasa sakit, rasa panas mampu membuat ujung saraf berhenti mengirim sinyal sensasi rasa sakit. Sehingga dengan bentuknya yang kecil dan rasa pedasnya yang membuat Anda ketagihan atau pun terasa panas pada lidahnya.


Capsaicin senyawa kimia yang baik untuk kesehatan juga yang membuat cabai terasa pedas. Buat Anda yang suka dengan makanan pedas, ini dia manfaat cabai yang sangat baik juga untuk kesehatan. Dikutip dari Huffington Post, dengan beberapa nutrisi penting seperti energi, karbohidrat, gula, serat, lemak, protein, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, zat besi, magnesium, kalium (potasium), air, dan capsaicin. Nah selain mengandung nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan juga terdapat delapan point penting seperti apakah diantaranya:

Cabe Bikin Pedes dan Keringetan Dok. Womeniasehat.com


Delapan Point Cabe Untuk Kesehatan


  1. Meningkatkan sistem imun dan menjaga kekebalan tubuh, hal ini karena kandungan vitamin C yang cukup tinggi.
  2. Menurunkan berat badan
  3. Mencegah resiko sakit tulang dan penyakit jantung. Didalam cabai juga terdapat Vitamin K6 berpengaruh pada pembekuan darah dan kesehatan tulang dan ginjal. Potassium dapat mengurangi risiko penyakit jantung.
  4. Menyehatkan pencernaan dan Kesehatan mata karena memiliki senyawa Lutein yang terdapat pada cabe hijau dapat mempengaruhi kesehatan mata. 
  5. Meredakan rasa sakit dan juga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh.
  6. Mengurangi rasa sakit kepala.
  7. Mengurangi rasa pegal.
  8. Melancarkan pernafasan.


Mencoba Bikin Sambel Goang




Sambel Goang dengan istilah lainnya adalah sambel uleg. Mungkin saja setiap daerah namanya berbeda sajiannya. Sambal yang dibuat dari cabai rawit maupun hijau segar, bawang putih, kencur dan garam, di uleg dalam cobek, biasanya dimakan bersama ayam goreng maupun lalapan sayuran mentah.

Bahan yang diperlukan:

  • 10-20 Buah Cabai rawit merah/hijau
  • 2 Siung bawang putih
  • ½ cm kencur
  • 1 sdt garam
  • 5 sdm minyak


Cara Membuatnya Cukup 5 sampai 7 Menitan:

  1. Dengan cara di uleg atau dihaluskan cabainya bersama bawang putih, kencur dan garam hingga halus kemudian,
  2. Panaskan minyak dan sambal di uleg sebentar,
  3. Siramkan minyak panas pada sambal,
  4. Sambal Goang siap disajikan bersama makanan favorit anda.

0 Response to "Makan Cabe Bikin Pedes dan Keringetan Tapi Menyehatkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel