Fakta Unik Morning Sickness Bagi Ibu Hamil

Sudahkah memenuhi nutrisi penting bagi ibu yang sedang hamil? Untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil seperti dengan sayuran dan buah istilahnya Morning sickness. Morning Sickness merupakan salah satu aktivitas yang sering timbul karena rasa mual dan muntah yang sering terjadi. Dengan hal ini biasanya sering kali terjadi pada saat pagi hari bagi ibu atau women yang sedang hamil di trimester pertama kehamilan. Secara umumnya kondisi bagi ibu yang sedang mengalami morning sickness ditandai dengan rasa mual berlebih dan yang dapat mengganggu aktivitas dan juga menimbulkan rasa tidak nyaman. Oleh karena itu apabila ibunda yang sedang hamil sering muntah bisa juga disebabkan oleh aroma bau tak sedap dan contoh seperti bau amis pada susu dan ikan.

Fakta Unik Morning Sickness Bagi Ibu Hamil Copyright Pexels


Apabila gejala Morning Sickness sering terjadi akan menimbulkan efek badan menjadi lemas dan enggan untuk mengkonsumsi makanan berbau amis. Biasanya jika hal tersebut terjadi asupan nutrisi sedikit di konsumsinya. Lalu sampai kapankah Morning Sickness itu terjadi? Biasanya itu terjadi pada timester pertama selama menjaani proses kehamilan dalam tiga bulan dari timester pertama. Namun apakah fakta uniknya awal kehamilan? Salah satu penyebab utamanya adalah hormon timester pertama sedangkan di trimester terakhir dikarenakan janin yang semakin besar menekan perut sehingga menyebabkan ibu merasa mual. Lalu apakah fakta unik dari morning sickness?


Produksi Hormon Kehamilan


Rasa mual pada morning sickness pada awal timester pertama ketika sel telur yang sudah dibuahi menempel pada dinding rahim, tubuh akan memproduksi hormon human chorionic gonadotropin (HCG). Hal inilah yang diduga menyebabkan mual.  Namun sebenarnya kondisi morning sickness ini dapat terjadi kapan saja. Baik pagi, siang, maupun malam.

Sensitif Dengan Aroma dan Bau

Womenia yang sedang hamil tentu sering mengalami gejala seperti rasa mual berlebih. Ras mual yang berleih memang cukup mengganggu aktivitas dan menghindari makanan atau bau-bauan yang dapat membuat Anda merasa mual. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi jahe dapat meredakan gejala mual saat hamil. Anda dapat mengonsumsi permen jahe atau minum air hangat dengan campuran jahe jika memang dirasa membantu untuk mengurangi rasa mual berlebih.


Rasa Mual Berlebih dan Stress


Menurut beberapa penelitian berdasarkan mayoclinic telah menemukan bahwa sebagian wanita mengalami mual saat stres. Untuk itu kurangilah rasa mualnya dengan mengkonsumsi salah satu buah contohnya buah pisang yang sangat baik untuk yang sedang morning sickness. 

Baik Untuk Perkembangan Bayi

Morning sickness juga diyakini ada kaitannya dengan rendahnya kasus cacat lahir dan perkembangan bayi yang lebih baik, seperti yang dijelaskan oleh Reproductive Toxicology. Risiko cacat lahir ini berkurang antara 30% dan 80% pada bayi yang ibunya mengalami gejala mual muntah. Hindari makan dalam porsi besar dalam satu waktu. Batasi makanan yang terlalu pedas ataupun terlalu manis.

Kemudian, studi lain selama kurang lebihnya selama 20 tahun oleh Hospital for Sick Children di Toronto untuk mengobservasi 850.000 perempuan di lima negara. Ternyata aktivitas morning sickness membuat anak-anak mereka memiliki IQ yang lebih baik. Maka demikianlah mengenai fakta unik dari morning sickness yang banyak manfaat tersembunyinya. 

0 Response to "Fakta Unik Morning Sickness Bagi Ibu Hamil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel