Fakta Asam Jawa Baik Untuk Kesehatan Jantung

Asam jawa memang banyak sekali dan dikenal oleh khalayak umum dapat digunakan beragam hidangan. Asam Jawa dengan nama latin Tamarindindus Indica, merupakan salah satu jenis buah yang unik berwarna kecokelatan dan memiliki rasa asam yang khas. Asam jawa dapat digunakan sebagai bumbu penyedap masakan agar sedikit lebih masam seperti halnya sayur asem, kuah pempe dan juga sebagai minuman seperti jamu. Asam jawa dengan ciri khas buahnya yang berwarna kecoklatan seringkali penulis digunakan sebagai pelengkap sayur asam dan sambal uleg. Sambal uleg juga seringkali ditambah asam jawa bagi yang memiliki selera pedas dan asam manis.




Asam jawa yang sering disukai yakni ketika sudah matang dengan warna kecoklatan dan memiliki biji yang amat keras. Asam jawa juga seringkali digunakan sebagai bahan tambahan minuman secangir asam jawa dengan campuran gula jawa atau merah juga, dengan ini minuman tersebut dapat membantu memelihara kesehatan tubuh menjadi lebih fresh.


Secara umum asam jawa sebagai pelengkap masakan dan sambal, namun sebagian orang dapat digunakan juga sebagai obat alami yakni dapat mengobati penyakit seperti sariawan. Lalu apa saja fakta dari asam jawa lainnya?

Baik Untuk Kesehatan Tubuh


Asam Jawa dikenal sebagai buah yang unik dengan rasa yang asam dapat bermanfaat sebagai  kesehatan tubuh. Selain dengan memiliki antioksidan yang cukup tinggi, ternyata juga tidak baik bagi kesehatan ibu yang sedang hamil atau menyusui.


Baik Untuk Kesehatan Jantung


Beberapa penelitian seperti yang dipaparkan oleh Healthline, didalamnya terkandung sdua senyawa yang sangat penting seperti polifenol dan flavonoid. Dengan hal ini dalam penelitian tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu juga asam jawa sebagai sifat anti radang dan antidiabetes. Disamping itu  juga didalam kandungan asam jawa terdapat senyawa yang bernama magnesium yang ampu menjaga tekanan darah.


Merawat Sistem Pencernaan


Asam Jawa seringkali digunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan seperti gangguan sistem pencernaan. Selain itu juga asam jawa dapat mendorong kinerja empedu dan memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dapat mendorong kinerja lambung dan mempercepat proses sistem pencernaan.


Merawat Saraf

Asam jawa juga dibekali dengan vitamin B kompleks, seperti tiamin atau vitamin B1 yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan fungsi saraf serta perkembangan otot, membuat Anda untuk tetap aktif dan menjaga refleksif Anda. Nah untuk itu disarankan ketika memasak sayur asem jangan lupa untuk menambahkan asam jawanya kak, oleh karena itu sangat bermanfaat menjaga kesehatan dan terutama membuat tubuh kita tetap fresh.

0 Response to "Fakta Asam Jawa Baik Untuk Kesehatan Jantung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel