Advertisment

Obat Alami Untuk Asam Urat

Mengobati penyakit asam urat jika kambuh dapat di lakukan dengan beberapa cara. Nama penyakit asam urat dengan nama lain adalah gout, penyakit asam urah akan menyerang kaum muda hingga berusia lanjut. Adapun gejala yang timbul mengenai penyakit asam urat yakni terjadi penyumbatan akan membentuk kristal di sendi, dengan hal ini yang dapat memicu rasa nyeri berlebih dan pembengkakan di berbagai sendi tubuh. Secara lebih jelasnya untuk pengobatan penyakit asam urat dengan mulai menerapkan gaya hidup sehat. Namun untuk mengetahui lebih lanjut sebelum pengobatam secara alami harus mengetahui dengan mengecek kadar asam urat yang normal adalah di bawah 6 mg/dL untuk perempuan dan laki-laki di bawah 7 mg/dL. 

Ilustrasi Penyakit Asam Urat/Pixabay

Obat Alami Asam Urat


Penyebab utama terjadi penyakit asam urat yakni mengkonsumsi makanan dengan kandungan tinggi purin. Oleh karena itu penyebab terjadi penyakit asam urat pembentukan kristal-kristal didalam alirandarah yang dapat menyebabkan sendi membengkak dan menjadi meradang, menghasilkan rasa sakit yang hebat. Seperti yang dikutip gagasan Healthline, berikut ini ada beberapa cara alami untuk mengobati penyakit asam urat. 



Perbanyak Minum Air Mineral

Mengkonsumsi air mineral itu memang sangat baik, alih-alih disarankan jangan mengonsumsi alkohol atau minuman yang manis-manis. Untuk menjadi pilihan terbaik mengkonsumsi air putih yang sudah terbukti jauh lebih sehat. Tahukah anda apabila sering minum alkohol maka kadar asam urat semakin naik, sehingga menyebabkan serangan asam urat seperti rasa sakit pada persendian terjadi. Dengan minum air minimal delapan gelas per hari akan membantu mengangkut zat gizi dan juga zat yang sudah tidak terpakai dalam tubuh.

Jahe

Ilustrasi Jahe/Pixabay


Pengobatan secara alami dengan menggunakan rimpang jahe alami, karena didalam rimpang jahe memiliki zat anti peradangan yang mencegah terjadinya penyumbatan, pembentukan kristal dan meredakan gejala sakit berlebih terjadi pada persendian anda. Jahe mengandung beberapa zat anti peradangan yakni gingerols dan shogaol maka inilah yang dapat memperlancar penyumbatan purin tang terjadi di dalam darah.


Baking Soda 

Baking soda dapat mengobati penyakit asam urat secara alami, dan juga dapat membantu menurunkan kadar asam urat yakni zat purin serta mengurangi rasa sakit berlebih. Berikut cara membuanya:

  1. Campurkan setengah sendok teh baking soda dalam segelas air.
  2. Minum campuran ini empat kali sehari (tidak boleh lebih).
  3. Lakukan sampai dua minggu.
  4. Bagi yang berusia di atas 60 tahun, tidak boleh minum lebih dari tiga kali sehari. Hati-hati bagi yang memiliki darah tinggi.



Lemon

Ilustrasi Lemon/Rawpixel


Lemon dengan kandungan vitamin C yang baik juga berperan aktif karena dapat meredakan sakit akibat asam urat. Selain vitamin C juga seperti zat kalium digunakan untuk menjaga fungsi ginjal dan membantu menjaga kadar pH darah dan urin sedikit basa. Dengan demikian keseimbangnya fungsi ginjal dan kadar pH ini dapat membantu mencegah pembentukan kristal asam urat. Salah satu caranya mudah, peras lemon ke dalam segelas air hangat, dan minumlah di pagi hari.


Olahraga Teratur

Pengobatan asam urat mulai sekarang bisa dilakukan di rumah, selain itu lain halnya yang paling mudah adalah melakukan olahraga rutin. Maka dari itu disarankan untuk rajin berolahragalah secara teratur dengan intensitas sedang setidaknya 30 menit selama 5 hari dalam seminggu. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Maryland, bahwa bagi anda salah seorang yang terjangkit pennyakit asam urat harus lebih banyak mengonsumsi buah yang memiliki antioksidan yang tinggi seperti contohnya buah strawbery dan kiwi. Selain itu juga dapat menjalani pola hidup dan gizi seimbang disaranan pula untuk menghindari makanan dan minuman yang tinggi purin (asam urat) yaitu seafood, daging merah, makanan-makanan manis (mengandung gula), alkohol, dan jeroan.
comments

0 Response to "Obat Alami Untuk Asam Urat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel