Advertisment

Manfaat Asparagus Mencegah Racun dan Kanker

Sayuran hijau kini banyak diminati, oleh karena itu pula begitu sehat dan banyak nutrisi. Selain kandungan gizi yang sangat baik, salah satu contoh manfaat dari sayuran asparagus yakni dapat mencegah beberapa penyakit. Selain itu juga sayuran asparagus sebagai pelengkap menu makanan utama. Sayuran asparagus dalam bahasa latinnya adalah Asparagus officinalis, ini yang menjadikan salah satu sayuran hijau favorit. Tahukah anda di tumbuhan asparagus yang ditanam di Amerika, khususnya Amerika Utara, antara lain Lembah California, Sacramento, New Jersey, Carolina Selatan, dan Illinois. Berdasarkan pendapat oleh seseorang yang menyebutnya mirip rebung atau pun rebung asparagus. Seperti layaknya pada tanaman bambu atau rebung yang besar berwarna putih, lunak, dan gemuk. Namun berbeda dengan asparagus dapat tumbuh optimal pada suhu antara 15-25 derajat Celsius dengan curah hujan yang cukup.

Asparagus Copyright Unsplash


Tanaman asparagus banyak disukai karena banyak nutrisi, yakni mencegah beberapa penyakit. Berikut ini adalah beberapa manfaat penting tanaman asparagus yang dapat dikonsumsi secara rutin.


Menghilangkan Racun dan Mencegah Kanker


Bagi yang suka mengkonsumsi sayuran asparagus dapat memiliki manfaat lebih yakni kandungan glutathione, yaitu antioksidan kuat yang mampu memecah kanker dan radikal bebas. Asparagus mempunyai sifat diuretik yang sangat baik, dengan demikian menguras komponen toksik (racun) di dalam tubuh, yaitu melalui urine.


Baik Saat PMS

Asparagus juga sangat baik dikonsumsi setiap hari saat menstruasi, karena dapat meringankan nyeri, kram dan menstabilkan emosi saat PMS. Asam folat juga memicu produksi histamin, sehingga dapat meningkatkan gairah seksual atau libido pria dan wanita.

Mencegah Diabetes


Ini yang menjadi alasan penting mengapa harus mengkonsumsi sayur asparagus, karena zat yang baik Insulin adalah hormon yang bisa menyerap glukosa tubuh, sehingga sangat baik dikonsumsi setiap hari.


Mengandung Banyak Asam Folat


Sayuran ini memang unik, Asparagus putih mempunyai flavor yang lebih lembut dibandingkan dengan asparagus hijau. Menurut The George Mateljan Foundation, konsumsi 1 cangkir asparagus telah dapat memenuhi 65,7 persen kebutuhan tubuh akan asam folat setiap hari. Begitu pula vitamin B kompleks dan sejumlah mineral yang sangat bermanfaat bagi tubuh. 


Sumber Energi dan Nutrisi Yang Baik


Asparagus banyak mengendung nutrisi seperti triptofan, vitamin B1, B2, B3, B6, mangan, serat pangan, tembaga, fosfor, kalium, dan protein, besi, seng, magnesium, selenium, dan kalsium.
comments

0 Response to "Manfaat Asparagus Mencegah Racun dan Kanker"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel