Advertisment

4 Nutrisi Makanan Bikin Otak Pintar

Salah satu cara agar Anda tetap energik dengan perkembangan kehidupan modern yang begitu sangat pesat ini adalah dengan terus belajar dan memperbaiki kemampuan intelektual. Namun belajar saja tidak cukup, Anda juga perlu didukung dengan bahan bakar otak agar bisa optimal dalam berpikir. Berdasarkan fitnessmagazine.com, ada beberapa makanan yang sangat baik dalam mendukung kekuatan otak Anda, antara lain adalah berikut ini.



4 Nutrisi Makanan Bikin Otak Pintar


Kunyit

Selain digunakan sebagai bumbu makanan dan obat, berdasarkan sebuah penelitian, kunyit juga memiliki kemampuan anti-inflamasi dan antioksidan untuk melindungi erosi sel otak dan melawan kerusakan di membran sel, bahkan juga bisa menurunkan kemungkinan Alzheimer.

Buah  berry

Segala buah berry yang Anda kenal, memiliki polifenol sebagai antioksidan, selain vitamin C. Antosianin dalam buah berry mampu meningkatkan ketajaman berpikir, kekuatan ingatan dan kecepatan pemrosesan informasi di dalam otak.

Alpukat

Sedangkan alpukat sangat baik dalam kandungan lemak sehat yang baik untuk perkembangan otak. Anda mungkin tidak tahu, namun otak sebagaian besar terdiri dari lemak. Jadi Anda butuh sekali lemak sehat bukan hanya untuk menjaga jantung, namun kecerdasan berpikir yang lebih baik.

Cokelat

Makan cokelat memang bikin gemuk. Namun jika Anda memilih dark chocolate, efeknya akan sangat sehat untuk otak. Makan satu ons saja sudah mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan menurunkan kemungkinan kegemukan. Bukan hanya itu, suasana hati jadi lebih baik, dan Anda lebih termotivasi untuk belajar karena Anda bahagia.

Makanan untuk Mencerdaskan Anak



Adapun makanan yang baik untuk membantu mencerdaskan anak adalah sebagai berikut:

Sayuran

Bayam, tomat, wortel, serta sayuran yang berwarna lainnya sangat baik untuk menyehatkan dan menguatkan daya sel-sel yang ada di otak anak, karena sayuran yang berwarna mengandung antioksidan.

Buah-buahan

Sama seperti sayuran di atas, buah-buahan juga pilihlah buah yang berwarna, seperti stawberry, blueberri, dan buah-buahan lainnya.

Ikan

Ikan sangat banyak mengandung omega-3, asam lemak DHA dan EPA yang dapat membantu pertumbuhan otak anak dengan baik. Ikannya boleh ikan laut atau ikan air tawar dan untuk ikan laut kami sarankan gunakanlah ikan salmon.

Telur

Sumber protein yang satu ini sangatlah baik untuk diberikan pada anak, karena dengan mengkosumsi telur dengan teratur dapat meningkatkan daya ingat anak, terutama pada kuningnya yang mengandung kolin.

Daging

Sama artinya dengan telur, daging juga dapat meningkatkan daya ingat yang kuat. Karena di dalam daging terkandung protein, zat besi, dan mineral yang tinggi.

Susu


Kaya akan protein dan vitamin B, susu dapat membantu untuk meningkatkan perkembangan otam anak dan daya ingatnya.


Kacang Kedelai


Tahu dan Tempe mempunyai kandungan protein, serat, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Meski makanan ini terbilang murah, tapi jangan mengabaikan manfaat yang terkandung di dalamnya.


Dan makanan yang lainnya dapat meningkatkan kesehatan otak anak adalah sebagai berikut.

  • Pepaya
  • Jambu biji
  • Apukat
  • Paprika Merah
  • Bit
  • Tomat
  • Wortel
  • Brokoli
  • Bawang Bombay

Dan perlu diperhatikan pada saat memberikan makanan pada anak. Berikanlah dalam bentuk yang bervariasi, karena anak-anak sebagian besar mudah bosan serta dengan bentuk variasi, dapat memperkaya vitamin dan gizi anak. Selain beberapa manfat positif yang ada diatas, ketahui juga manfaat luar biasa Tahu dan Tempe dapat mencegah penyakit kronis.

1 Response to "4 Nutrisi Makanan Bikin Otak Pintar"

  1. Om, kalau ga salah minyak ikan itu bagus ya kalau diberikan pada anak. Saat pertumbuhan, omega 3 dari minyak ikan dapat meningkatka neuron-neuron otak anak

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel