Masalah Kista Yang Harus Dilakukan Pada Ibu Hamil

Masalah bahaya penyakit Kista pada Ibu Hamil, lalu apa yang harus dilakukan ? Apa kata pendapat dokter tentang masalah ini? Jangan dianggap remeh, dan bagi anda salah satu yang sedang hamil sebaiknya tenang jangan kaget dulu . Penyakit Kista adalah kantung berisi cairan yang muncul di dalam tubuh dan bisa muncul di indung telur. Kebanyakan wanita akan merasa cemas bila dokter mendiagnosa terdapat kista dalam tubuhnya. Apalagi untuk ibu hamil, mendengar ada kista saat kehamilan bisa menyebabkan rasa khawatir dan stres saat kehamilan. 



Masalah Kista Yang Harus Dilakukan Pada Ibu Hamil


Kista pada masa kehamilan, mungkin sudah ada sebelum ibu positif hamil tapi belum terdeteksi. Pada kebanyakan kasus, kista baru diketahui saat ibu memeriksakan kehamilan. Kista juga bisa muncul dan membesar karena peningkatan kadar hormon estrogen saat hamil.


Pemantauan Ukuran Kista


Kista selama masa kehamilan tidak selalu berdampak negatif pada kehamilan dan janin yang dikandung. Kista yang berukuran kecil tidak akan membahayakan janin dan menimbulkan komplikasi kehamilan. Tetapi yang perlu dilakukan oleh ibu hamil adalah melakukan pemantaun yang rutin ke dokter untuk melihat ukuran kista. Pemantauan dilakukan untuk memastikan apakah kista bertambah kecil dan menghilang atau sebaliknya kista semakin membesar.


Kista yang makin lama mengecil dan menghilang tidak perlu kamu khawatirkan. Kista yang menghilang dan pecah dengan sendiri memang tidak membahayakan janin yang dikandung. Namun pada beberapa kasus rasa sakit yang dialami ibu hamil akibat pecah kista bisa menyebabkan bayi lahir prematur.


Bila ukuran kista bertambah besar dan melebihi 6-8 cm bisa menyebabkan risiko pada ibu hamil. Rasa nyeri dan sakit bisa dirasakan ibu hamil disebabkan kista terpuntir. Selain ini kondisi kista yang semakin membesar bisa membahayakan perkembangan janin karena mendesak rongga perut. Kista yang membesar juga dapat menyebabkan sesak nafas karena suplai oksigen ke paru-paru tidak maksimal.



Operasi Pengangkatan Kista Saat Hamil


Untuk ibu hamil yang menderita kista disarankan untuk melakukan pemeriksaan secara rutin dan intensif. Hal ini untuk melihat perkembangan kista selama kehamilan. Pada kebanyakan ibu hamil kista dapat mengecil dan menghilang pada usia kehamilan trimester kedua. Karena umumnya besar kista yang ditemukan adalah kista lutein (kista fungsional) yang tidak memerlukan tindakan operasi. Kista yang membesar bisa menyebabkan kelainan letak janin dalam kandungan, menghalangi turunnya kepala di jalan lahir pada saat persalinan.


Tapi perlu kamu waspadai bila kista tersebut masih ada setelah usia kehamilan empat bulan dan kista memiliki diameter lebih dari enam cm, maka dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memutuskan tindakan yang perlu dilakukan.


Jika kista ditemukan membesar akan dilakukan tindakan pembenahan pada usia kehamilan 18 minggu. Tetapi kalau kista tidak membesar dan tidak menghalangi jalan lahir serta tidak menyebabkan gejala sakit, operasi pengangkatan kista bisa dilakukan 3 bulan setelah ibu melahirkan.


Keputusan tindakan medis yang dilakukan dokter sangat tergantung dari jenis kista, ukuran kista, letak kista menghalangi jalan lahir dan keluhan dari ibu hamil.Nah, bagi kamu, ibu hamil yang terdiagnosa terdapat kista disarankan untuk lebih intensif melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan.

0 Response to "Masalah Kista Yang Harus Dilakukan Pada Ibu Hamil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel