Masalah Masalah Pada Ibu Hamil

Kehamilan adalah anugera sang illahi dambaan kaum wanita. Ketika diberi anugerah terindah anda hamil, ada banyak perubahan tubuh yang akan Anda alami, seperti kenaikan berat badan, peningkatan tekanan darah, kram, dan nyeri tubuh. Itu adalah hal-hal yang akan Anda alami selama masa kehamilan. Anda mungkin akan mempunyai masalah dan ketidaknyamanan terhadap perubahan tubuh Anda. Coba ikuti saran di bawah ini kemudian bicaralah pada dokter atau perawat untuk saran lainnya. Jangan mengkonsumsi obat-obatan yang dapat dibeli bebas ataupun obatan-obatan herbal tanpa konsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu.


Pixabay



Masalah Masalah Pada Ibu Hamil


1. Sakit punggung

Selama masa kehamilan, tubuh Anda akan meregang seiring dengan pertumbuhan janin Anda. Hal ini menimbulkan tekanan dan ketegangan di punggung bawah dan panggul.

2. Mual
Pada tiga bulan pertama Anda akan mengalami morning sickness, muntah, atau mood yang berantakan, Hal ini bisa Anda rasakan hanya pada 3 bulan pertama.


3. Puting mengeluarkan cairan


Payudara Anda akan mulai menyiapkan diri untuk menyusui, kadang-kadang Anda akan merasa puting Anda basah. Hal ini tidak lain karena  ASI yang mulai diproduksi oleh payudara Anda pada trimester ketiga kehamilan.

4. Pendarahan

Selama kehamilan bisa jadi Anda mengalami beberapa kali mimisan, dan masalah kesehatan mulut selama masa kehamilan. Selain itu, juga akan mengalami pendarahan pada vagina pada bulan awal kehamilan. Untuk kasus ini Anda bisa berkonsultasi kepada dokter.

5. Keputihan

Saat hamil, tingkat keputihan Anda akan meningkat. Ini disebabkan karena dinding vagina akan menjadi lebih lentur, sehingga produksi lendir akan meningkat.

6. Kram

Kram adalah masalah paling umum yang diderita oleh wanita hamil. Pada saat kehamilan, Anda akan lebih sering merasakan kram pada otot betis, perut, dan kaki. Kram biasanya terjadi pada malam hari.

7. Sering buang air kecil

Anda juga akan sering buang air kecil, Karena kandung kemih Anda terdorong oleh si bayi yang semakin bertumbuh, sehingga kapasitas kandung kemih berkurang.

8. Kurang tidur

Selama kehamilan, jumlah hormon akan semakin meningkat. Hal ini yang menyebabkan Anda lebih sering terjaga. Selain itu, rasa sakit yang Anda rasakan akan membuat Anda semakin sulit untuk tidur.

9. Masalah kulit dan rambut

Masalah seperti stretch mark, kulit kering, dan rambut rontok adalah beberapa masalah kulit dan rambut yang akan Anda alami selama kehamilan.

10. Sembelit

Perubahan hormon pada tubuh akan menyebabkan sembelit. Untuk mengatasi sembelit di masa kehamilan, cobalah konsumsi makanan dengan kadar, serat, dan air yang tinggi.

11. Sakit kepala

Beberapa wanita hamil akan mengalami sakit kepala akut selama beberapa minggu pertama kehamilan. Selain faktor hormon, mual dan muntah juga akan menyebabkan Anda mengalami sakit kepala dan tenggorokan.

12. Mulas

Perubahan hormon dan pertumbuhan janin merupakan penyebab utama masalah kesehatan selama kehamilan, biasanya rasa mulas juga disertai rasa ingin muntah. Jika terlalu parah, berkonsultasilah kepada dokter demi kesehatan Anda dan bayi Anda.


Menurut dr.Azen Salim, SpOG (K) ada beberapa faktor utama antara lain ibu, uterus, dan janin. Semua memegang peranan dan membutuhkan perhatian khusus agar kehamilan berisiko tinggi ini dapat terhindar.

Masalah Masalah Pada Ibu Hamil



Nah itulah semua Masalah Masalah Pada Ibu Hamil. Dengan merencanakan kehamilan, maka kamu akan lebih mudah beradaptasi baik secara anatomi dan fisiologi. Perubahan fisik selama kehamilan pun akan terjadi. Perubahan tersebut antara lain perubahan warna kulit, permukaan kulit serta alergi di bagian leher, perut dan genital, begitu juga dengan payudara yang akan membesar dan lebih kencang. 

0 Response to "Masalah Masalah Pada Ibu Hamil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel