Cara Meredakan Batuk Pilek dan Asma Sakit Tenggorokan

Cara Meredakan batuk pilek dan asma sakit tenggorokan secara cepat alami bosa kamu lakukan di rumah sendiri. Ada beberapa cara menyembuhkan pilek pada anak hingga orang dewasa dengan menggunakan bahan alami yakni daun mint. Musim hujan yang dingin seperti sekarang ini, salah tu dari anda terkena batuk pilek dan asma seringkali menyerang. Terutama bagi penderita asma, udara dingin bisa memicu sangat kuat dengan serangan asma lebih sering dibanding cuaca lainnya. Untuk meredakannya, jangan terburu-buru menggunakan alat pompa atau obat-obatan. Asma juga bisa diredakan dengan bahan alami, yaitu menggunakan daun mint. Batuk pilek dan asma disertai Tenggorokan gatal dan kering memang benar-benar hal yang sangat mengganggu. Rasa gatal, kering, dan seperti terbakar cukup menyakitkan Anda untuk menelan makanan dan minuman.



Meskipun penyakit ini terutama disebabkan oleh bakteri atau virus, faktor-faktor lain seperti merokok, minum air dingin, dan perubahan musim juga dapat menyebabkan tenggorokan Anda kering dan gatal.


Tahukah anda, banyak manfaat melimpah dari si hijau Daun mint, selain itu juga bisa membantu mengeluarkan lendir yang menghalangi pernapasan pada penderita pilek dan asma. Mint juga mengandung zat anti bakteri dan anti peradangan yang penting untuk mencegah peradangan pada saluran pernapasan penderita asma.

Cara Meredakan Batuk pilek dan asma sakit tenggorokan


Berikut adalah empat Cara Meredakan Batuk pilek dan asma yang bisa dilakukan untuk meredakan pilek dan asma dengan daun mint, seperti dilansir oleh Health Site.



1. Menyegarkan Hidung Tersumbat

Jika batuk menyerang, tambahkan satu tetes ekstrak mint pada air hangat dan hirup uapnya melalui mulut. Selanjutnya keluarkan uap tersebut dari hidung. Cara ini akan membuat ekstrak mint melewati tenggorokan dan hidung untuk melegakan kedua area tersebut.

2. Melancarkan Saluran Pernapasan

Pasien asma juga bisa menghirup uap ekstrak mint pada saluran pernapasan. Ini akan melegakan saluran pernapasan dan membuat zat antibakteri serta anti peradangan masuk ke saluran pernapasan. Cara ini juga meredakan pembengkakan pada tenggorokan dan bronkus dan melegakan bagi pasien asma.

3.Daun Mint Menyembuhakn Batuk dan Pilek Cepat


Menambahkan mint pada teh juga salah satu cara yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menyembuhkan pilek lebih cepat. Tambahkan beberapa lembar daun mint yang sudah dihancurkan ke dalam air panas, lalu tambahkan beberapa potong jahe yang juga telah dihancurkan. Biarkan hingga mendidih, lalu beri madu untuk menambah rasa. Namun jangan tambahkan terlalu banyak madu karena bisa menyebabkan konstipasi.

4.Berkumur

Berkumur merupakan salah satu cara efektif untuk mengobati tenggorokan kering dan gatal secara alami. Berkumurlah dengan air garam dua kali setiap hari yang mampu meredakan gatal dan kering di tenggorokan.

5. Menghirup uap

Uap yang Anda hirup dari air hangat tidak hanya membuka bagian hidung yang tersumbat, namun juga dapat membersihkan selaput lendir. Tambahkan garam dalam uap tersebut untuk menyingkirkan sakit tenggorokan.

6. Minum teh jahe Meredakan Batuk pilek dan asma

Teh herbal mempunyai khasiat alami untuk menyembuhkan tenggorokan kering. Beberapa jenis teh herbal yang berkhasiat adalah teh hijau dan teh chamomile. Teh jahe sangat baik untuk kesehatan tenggorokan. Jika ingin membersihkan tenggorokan dan meredakan infeksi coba minum teh jahe. Selain mencegah terjadinya masalah dengan tenggorokan, teh jahe juga diklaim bisa menyembuhkan infeksi tenggorokan dengan cepat.

7. Perbanyak minum air hangat

Memperbanyak minum air hangat sangat dianjurkan bagi Anda yang menderita tenggorokan sakit, kering, dan gatal. 

8. Mengunyah bawang putih Meredakan Batuk pilek dan asma

Bawang putih memiliki sifat anti bakteri dan antiseptik alami yang mampu menenangkan tenggorokan kering dan sakit. Oleh karena itu kunyahlah beberapa buah bawang putih untuk menangkal infeksi tenggorokan.

9. Mengonsumsi madu Meredakan Batuk pilek dan asma


Madu juga merupakan bahan alami untuk menyingkirkan tenggorokan kering secara alami. Anda dapat mencampur madu dan air hangat untuk mengobatinya.

10. Daun sage

Sage adalah salah satu tanaman herbal yang baik untuk kesehatan. Anda hanya perlu mencampurkan satu sendok teh daun sage dengan air hangat. Biarkan sejenak, kemudian minum air tersebut. sage juga diklaim sebagai obat yang paling mujarab untuk mengatasi infeksi tenggorokan.

11. Kunyit

Campurkan air dengan setengah sendok teh kunyit serta setengah sendok teh garam, lalu panaskan. Setelah itu, diamkan sejenak. Gunakan air ini untuk berkumur di pagi hari. Air kunyit sangat baik untuk mengatasi infeksi tenggorokan. Berkumur dengan air kunyit juga diketahui sebagai salah satu metode terbaik untuk mengatasi infeksi tenggorokan dengan cara alami.


Itulah beberapa Cara Meredakan Batuk pilek dan asma sakit tenggorokan yang bisa dilakukan untuk meredakan batuk, pilek, dan asma dengan bahan alami. Selamat mencoba!

0 Response to "Cara Meredakan Batuk Pilek dan Asma Sakit Tenggorokan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel