Badan Capek Pegel Linu Semua Sakit Kepala Hingga Leher dan Mengantuk

Mungkin anda pernah mengalami hal yang sama karena belakangan ini merasakan sakit kepala, leher belakang kencang, badan terasa pegal-pegal, mudah sekali kecapekan, dan mengantuk, itu gejala sakit apa ya? Waspadalah Jika Anda Sering Merasa Lemas dan Letih. Seringkah Anda merasa lemas dan letih, padahal Anda sedang tidak melakukan apa pun? Jika ya, mungkin ada yang salah dengan pola makan atau gaya hidup Anda. erasaan mudah lelah tersebut dapat disebabkan oleh asupan makanan yang kurang, aktivitas berlebihan, olahraga yang kurang, kurang istirahat, kondisi infeksi, anemia, gangguan hormon, tekanan darah rendah. Perlu diketahui penyebabnya terlebih dahulu baru dapat mengetahui apa yang harus dilakukan. Kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam untuk diperiksa lebih jauh. Mungkin diperlukan pemeriksaan laboratorium seperti pemeriksaan darah lengkap.



Anda dapat mencoba mengurangi aktivitas agar tidak berlebihan, istirahat yang cukup, makan teratur dengan menu gizi seimbang, banyak minum air putih, dan berolahraga teratur (minimal 3x per minggu). Suplemen yang dasar dapat dikonsumsi, namun asupan nutrisi yang bergizi kaya buah dan sayur akan lebih baik. 


Rasa lemas dan letih yang berlebihan bisa diakibatkan oleh banyak hal. Namun tiga pemicu utamanya adalah makanan yang Anda konsumsi, seberapa cukup Anda tidur, dan seberapa sering Anda berolahraga. Selain itu, rasa lemas dan letih juga bisa disebabkan oleh beberapa jenis penyakit, seperti anemia, defisiensi nutrisi, diabetes, depresi, kelainan jantung, dll. Hal ini referensinya dari dr. Dewi Ema Anindia : Anggota Redaksi Medis, Kedokteran Umum

Badan Capek Pegel Linu Semua dan Mengantuk


Pegal linu bisa menyerang daerah leher, punggung, lengan, kaki dan pundak yang biasanya disebabkan oleh kekakuan pada otot dan bisa terjadi pada siapa saja. Rasa pegal dan linu di tubuh ini bisa membuat seseorang merasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitasnya sehari-hari. Ternyata pegal linu bisa disebabkan oleh masalah ringan hingga masalah medis tertentu.

Rasa tak nyaman ini biasanya dipicu jika seseorang duduk dalam jangka waktu lama terutama pada pekerja yang diharuskan duduk berjam-jam di belakang meja, mengangkat beban terlalu berat, kurang olahraga, salah posisi tubuh dalam melakukan aktivitas fisik, melukis berjam-jam atau akibat ketegangan emosi, seperti dikutip dari wholehealthchicago.


Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan rasa lemas dan letih berlebihan ini, yakni:
Perhatikan Pola Makanan dan Minuman Kamu

  1. Konsumsi air putih yang cukup.
  2. Hati-hati dengan kafein (1-2 gelas minuman dengan kafein boleh Anda konsumsi, namun lebih dari itu bisa membuat Anda cemas dan gugup)
  3. Jangan pernah melewatkan sarapan.
  4. Makan yang teratur.
  5. Jangan diet yang berlebihan. Diet rendah karbohidrat bisa membuat tubuh kekurangan energi.
  6. Lakukan diet yang sehat. Tingkatkan konsumsi sayur, buah, gandum, dan produk susu rendah lemak. Kurangi konsumsi makanan yang tinggi akan lemak, tinggi gula, dan tinggi garam.
  7. Jangan makan terlalu banyak.
  8. Konsumsi makanan yang mengandung zat besi yang tinggi.

Sedangkan pegal-pegal linu di tubuh yang disertai rasa nyeri kemungkinan disebabkan oleh beberapa faktor seperti:
  1. Adanya penumpukan asam laktat di otot
  2. Ketidakseimbangan mineral (kalsium, kalium, magnesium dan natrium) yang mengontrol antara kontraksi dan relaksasi
  3. Pengobatan tertentu yang bersifat diuretik
  4. Kurangnya fleksibilitas tubuh
  5. Salah posisi tubuh saat mengangkat beban atau duduk yang mengganggu otot atau sendi di tubuh
  6. Ada kemungkinan akibat dehidrasi


Meski begitu rasa pegal linu ini bisa juga disebabkan oleh infeksi dari luar, seperti virus influenza, cacar air atau herpes yang umumnya menyebabkan rasa pegal dan linu sebelum muncul gejala yang lebih spesifik, serta kondisi medis lainnya seperti rheumatoid arthritis atau multiple sclerosis.

Penanganan tentunya akan dilakukan sesuai dengan penyebab yang mendasarinya, jika memang disebabkan oleh suatu gangguan fisik maka masalah tersebut harus ditangani. Jika benar oleh karena suatu gangguan psikosomatik, maka obat obatan seperti anti cemas / anti depresi dapat digunakan jika benar-benar diperlukan, selain itu psikoterapi juga penting dilakukan untuk menangani masalah ini. Beberapa hal yang perlu anda lakukan :


  1. Pastikan anda cukup istirahat
  2. Banyak minum air putih dan makan-makanan bergizi
  3. Jika anda terlalu lelah dengan pekerjaan/kesibukan sehari-hari, tidak ada salahnya mengambil cuti / liburan untuk 'refreshing'
  4. Hindari stress
  5. Konsumsi multivitamin
  6. Jika memang nyeri, maka anti nyeri seperti parasetamol atau ibuprofen dapat diminum hanya jika perlu
  7. Pada gangguan psikosomatik,kegiatan yang menenangkan seperi yoga, meditasi, dan semacamnya dapat membantu
  8. Patuhi saran dan nasihat dokter anda

gangguan psikosomatis demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Tapi jika rasa pegal dan linu ini tak kunjung sembuh atau kerap kali kambuh, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui apakah ada kondisi medis yang menyertainya sehingga diperlukan perawatan lebih lanjut dan tidak mengganggu aktivitasnya.

0 Response to "Badan Capek Pegel Linu Semua Sakit Kepala Hingga Leher dan Mengantuk"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel