Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Agar Bayi Cerdas

Nutrisi makanan seimbang lagi terbaik yang harus diutamakan pada anak yang masih dalam kandungan adalah nutrisi pada otaknya, untuk cara membuat anak pintar sebaiknya ibu yang sedang mengandung mengkomsumsi vitamin otak untuk bayi yang cukup. Setiap ibu pasti mendambakan bayi yang cerdas dan aktif. Untuk itu, Anda harus mencoba merangsang pertumbuhan otak bayi Anda - setelah dia lahir - dengan memberinya nutrisi penting yang dibutuhkan oleh otak.

Makanan Ibu Hamil Agar Bayi Cerdas (pixabay)

Makanan Ibu Hamil Agar Bayi Cerdas


Banyak makan makanan bergizi dalam berbagai jenis makanan pada saat hamil akan sangat membantu dalam cara membuat anak pintar nantinya, pesan banyak dokter bahwa ‘makan makanan yang beragam dan bergizi dalam sehari akan memenuhi semua jenis kebutuhan nutrisi dalam tubuh bagi yang mengkomsumsinya, begitupun bayi yang sedang dikandungnya. Utamakan makanan berprotein seperti daging, makanan yang banyak mengandung vitamin A, B, C, dan sebagainya, seperti buah-buahan berwarna dan sayuran berwarna hijau. Dan perlu juga diketahui beberapa vitamin penting seperti Omega 3, Asam Folat, DHA, AA, Zat besi, B1 dan B6 adalah jenis vitamin yang sangat dianjurkan oleh para pakar.

Dahulukan makanan segar alami. Ya, makanan kalengan yang mengandung bahan pengawet, pewarna dan pemanis buatan selain berbahaya untuk kesehatan bayi anda, juga berpengaruh terhadap perkembangan otak bayi yang dikandung. Hal ini juga sangat penting diperhatikan jika ingin menerapkan cara membuat anak pintar sejak dalam kandungan.

Namun sebelum sampai pada tahap itu, Anda harus memperhatikan kebutuhan nutrisi bayi Anda saat dia masih dalam kandungan. Berikut adalah beberapa makanan yang harus dikonsumsi oleh wanita hamil untuk membuat otak bayi jadi cerdas, seperti dilansir Boldsky.


1. Telur dan keju 
Telur dan keju merupakan makanan yang mengandung banyak vitamin D. Vitamin D juga penting untuk perkembangan otak bayi. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa ibu yang memiliki tingkat vitamin D rendah selama kehamilan, lebih mungkin melahirkan bayi dengan kekuatan otak yang rendah. 

Karena itu selama kehamilan, para wanita disarankan untuk memenuhi asupan vitamin D harian mereka, terutama yang berasal dari paparan sinar matahari. Ibu hamil juga disarankan untuk lebih sering mengonsumsi telur, keju, dan daging sapi sebagai sumber vitamin D

2. Ikan laut 
Kekurangan yodium selama kehamilan, terutama pada 12 minggu pertama kehamilan, dapat menyebabkan IQ rendah pada anak-anak. Anda bisa memenuhi kebutuhan yodium Anda selama kehamilan dengan menyantap ikan laut, telur, yogurt dll sebagai sumber yodium.

3. Bayam Makanan Ibu Hamil Agar Bayi Cerdas
Bayam mengandung banyak asam folat. Asam folat sangat penting untuk pembentukan sel-sel otak pada bayi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita hamil yang mengambil asam folat 4 minggu sebelum dan 8 minggu setelah kehamilan memiliki risiko 40 persen lebih rendah melahirkan bayi autis. Asam Folat dari nutrisi yang terkandung didalamnya cukup memadai sangat diperlukan pada awal kehamilan untuk mencegah cacat tabung saraf (cacat lahir pada otak dan sumsum tulang belakang). Selain itu Bayam juga mengandung serat, mangan, besi, vitamin A, C dan K.

4. Lemak ikan 
Ikan seperti salmon, tuna, mackerel dll kaya asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 sangat penting untuk pengembangan otak bayi. Sebuah studi menunjukkan bahwa ibu yang makan kurang dari dua porsi ikan per minggu berpeluang melahirkan bayi dengan IQ rendah.

5. Pisang Makanan Ibu Hamil


Buah yang unik sangat manis dan mudah kita temui ternyata sangat baik untuk memenuhi nutrisi yang dialami ibu hamil muda tiga bulan pertama. Buah Pisang sebagai segala sumber vitamin B6 yang tinggi (membantu mengatasi morning sickness), selain itu pisang juga mengandung serat, vitamin C, asam folat dan potasium.

6. Kacang - Kacangan
Kacang-kacangan seperti halnya kacang kedelaidan sejenis kacang lainnya salah satu makanan sumber protein yang baik bagi ibu hamil. Makanan jenis kacang-kacangan yang sangat diperlukan dalam pengembangan sistem saraf pada bayi misalnya kacang hijau yang akan kandungan asam folat dan vitamin B. Selain itu kacang-kacangan berguna bagi energi dan kekebalan tubuh ibu hamil muda.

7. Buah dan Sayuran
Asupan makanan yang sehat seperti buah dan sayur-sayuran sangat diperlukan oleh ibu hamil dikarenakan pada usia dini rentan mengalami keguguran. Selain itu gangguan yang seringkali terjadi pada ibu hamil di trimester pertama adalah mual, muntah hingga kehilangan nafsu makan. Padahal pada usia kehamilan trimester pertama sangat penting untuk memenuhi asupan vitamin dan mineral sehingga dapat berkembang dengan baik.

Buah-buahan seperti blueberry, artichoke, tomat, dan kacang merah kaya akan antioksidan dan harus dikonsumsi selama kehamilan. Buah ini melindungi jaringan otak bayi Anda dan membantu dalam perkembangannya.

Itulah beberapa Makanan Ibu Hamil Agar Bayi Cerdas yang harus dikonsumsi oleh wanita hamil untuk membuat otak bayi jadi cerdas. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Agar Bayi Cerdas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel