Badan Terasa Pegal dan Lemas Serta Ngilu Setiap Hari

Lelahlah bekerja membuat badan terasa pegal-pegal dan ngilu di sekujur tubuh. Akibat nyeri sendi beberapa aktivitas pun cukup terganggu. Jika kamu mengalami nyeri sendi, dapat diatasi dengan olahraga, obat-obatan, dan diet. Namun tahukah kamu jika nyeri sendi dapat dihindari dengan mengurangi konsumsi makanan tertentu. Janganlah lupa sendi perlu di gerakan dengan cara berolah raga dan minum makanan yang mengandung kalsium yang cukup tinggi. Dalam dunia medis sendiri, badan lemas kerap disebut sebagai asthenia. Kondisi ini terjadi ketika kekuatan fisik atau otot tubuh berkurang sehingga Anda merasa harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk bergerak.

Kondisi ini terbagi menjadi dua yaitu badan lemas tidak sungguhan dan badan lemas sungguhan. Badan lemas tidak sungguhan terjadi ketika Anda mungkin merasa lemas tapi bukan disebabkan oleh masalah pada tubuh. Biasanya karena adanya gangguan psikologis atau kejiwaan. Sementara badan lemas sungguhan terjadi ketika secara fisik tubuh memang merasa lemas. Ini diakibatkan oleh kondisi medis maupun kondisi alami.


Apa yang menyebabkan badan terasa pegal?


Salah satunya adalah kecapean, dan mengangkat beban terlalu berat sehingga terjadi nyeri pada sendi dan peradangan otot. Seperti yang dilansir alo dokter, Dok saya belakangan ini merasakan sakit kepala, leher belakang kencang, badan terasa pegal-pegal, mudah sekali kecapekan, dan mengantuk, itu gejala sakit apa ya?

Kondisi badan lemas juga bisa diiringi oleh rasa lelah yang luar biasa, memburamnya penglihatan, pusing, atau sesak napas. Keadaan ini mungkin dapat terasa pada seluruh anggota tubuh atau hanya pada satu bagian tubuh.

Kesehatan dan tubuh yang fit tentunya merupakan dambaan setiap orang. Sehat bukan saja secara fisik, tetapi juga secara psikis/mental. Terasa sakit kadang di kepala, kadang leher, lalu pinggang, lalu sebentar hilang, lalu muncul lagi tanpa penyebab yang jelas dan acak) dan lain sebagainya. Kondisi tersebut (keluhan fisik akibat masalah psikis) disebut sebagai gangguan psikosomatis.

Kebanyakan orang pernah mengeluh tubuhnya pegal-pegal. Rasa nyeri di sekitar pinggang, linu di persendian, dan otot terasa kaku adalah keluhan yang kerap dialami banyak orang.

Penyebab munculnya pegal badan ini bisa bermacam-macam. Selain karena olahraga berlebihan atau beraktivitas berat, pegal-pegal juga bisa disebabkan karena kebanyakan duduk di kantor.

Dokter Suhanto, Kepala Bidang Pelayanan Medis Rumah Sakit Mediros, mengatakan, pegal-pegal di badan muncul karena kurangnya relaksasi otot. Ia mencontohkan orang yang bekerja terlalu lama di depan komputer. Karena pergerakan tubuhnya statis dan terbatas, ia bakal gampang terserang pegal-pegal badan.

Cara Mengatasi Badan Terasa Pegal dan Lemas Serta Ngilu Setiap Hari 


  1. Pastikan anda cukup istirahat
  2. Banyak minum air putih dan makan-makanan bergizi
  3. Jika anda terlalu lelah dengan pekerjaan/kesibukan sehari-hari, tidak ada salahnya mengambil cuti / liburan untuk 'refreshing'
  4. Hindari stress
  5. Konsumsi multivitamin
  6. Jika memang nyeri, maka anti nyeri seperti parasetamol atau ibuprofen dapat diminum hanya jika perlu
  7. Pada gangguan psikosomatik,kegiatan yang menenangkan seperi yoga, meditasi, dan semacamnya dapat membantu
  8. Patuhi saran dan nasihat dokter anda


Jika pegal badan diikuti rasa lemah, letih, dan lesu, Anda juga harus hati-hati. Jangan-jangan itu mengindikasikan penyakit kurang darah atau anemia. Pegal-pegal badan juga dialami oleh penderita penyakit lain, seperti hepatitis atau penyakit rematik.

Dokter Erin Destrini dari Klinik Jakarta Medical Center (JMC) menambahkan, pegal-pegal di badan juga bisa mengindikasikan seseorang terserang penyakit asam urat atau herpes. "Virus herpes tersebar melalui udara, jika stamina lemah, akan mudah terkena," ujarnya.

0 Response to "Badan Terasa Pegal dan Lemas Serta Ngilu Setiap Hari"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel