Ciri-Ciri Gejala Penyakit Rubella (Campak Jerman) Pada Anak Sejak Usia Dini

Penyakit Rubella dalam ilmu kesehatan adalah (Campak Jerman), salah satu penyakit yang ditularkan oleh virus rubella. Virus rubeella sangat berbahaya terutama pada anak-anak karena rentang terhadap penyakit tersebut. Anak-anak memang memiliki daya imun yang cukup kurang tenimbang orang dewasa, oleh karena itu para orang tua atau ibu di sarankan ketika si kecil untuk melakukan imuniasi dan jangan lupa untuk menjaga kesehatan keluarga mulai dari hal sesederhana mungkin. Ciri-ciri penyakit Rubella (Campak Jerman) seperti yang dijelaskan oleh laman cdc.gov/rubella dan medicalnewstoday yang di sebabkan oleh virus, kemudian virus rubella tersebut menyebar melalui droplet bersin atau ingus orang yang terinfeksi penyakit. Penyakit Rubella, juga dikenal sebagai campak Jerman, menyebabkan ruam merah dan suhu badan tinggi.



Lebih banyak orang, mengalami gejala awal ditandai dengan bersin dikiranya terkena flu biasa. Penyakit rubella menurut pakar kesehatan merupakan penyakit ringan, akan tetapi juga berbahaya bagi wanita hamil, rubella dapat memberikan konsekuensi serius. Rubella sering terjadi pada anak-anak, namun sejak diperkenalkannya program vaksinasi pada 1980-an, penyakit ini telah hampir seluruhnya diberantas.


Kenali Tanda dan Ciri-Ciri Gejala Penyakit Rubella


Hati-hati terhadap penyakit rubela di karenakan penyakit tersebut dapat menular dengan cepat dapat ditularkan oleh virus. Secara umum penyakit tersebut ruam merah berbentuk bintik-bintik. Penyakit Rubella sering terjadi pada anak sejak usia dini yang belum mendapatkan imun atau vaksin campak, gondok, dan rubella. Penyakit Rubella berbeda dengan cacar air walaupun dua penyakit ini sama-sama menyebabkan ruam merah. Rubella disebabkan virus yang berbeda dengan cacar air, dan rubella tidak terlalu menular dan serius seperti cacar air.

Secara umum gejala yang muncul secara berurutan anak-anak yang terinfeksi rubella mungkin saja tidak menunjukkan gejala. Umumnya, gejala muncul 2-3 minggu setelah terpapar virus. Gejala rubella yang sering terjadi yaitu:

  1. Ruam kulit pada kepala menyebar ke tubuh, selama 2-3 hari
  2. Sakit kepala, demam ringan
  3. Hidung tersumbat atau ingusan
  4. Kelenjar getah bening leher dan belakang telinga membengkak

Ciri-ciri Penyakit Rubella pada dewasa dan remaja



  1. Hilang napsu makan
  2. Konjungtivitis (infeksi kelopak mata dan bola mata)
  3. Sendi bengkak dan nyeri, pada wanita usia muda
  4. Gejala ini biasanya hilang dalam beberapa hari namun dapat lebih lama.

Cara mengatasi penyakit Rubela (Campak Jerman)


  1. Jangan menggaruk karena akan meninggalkan bekas bisa juga dengan menggunakan krim pengurang rasa gatal yang dijual di apotek
  2. Anda atau anak Anda harus menghindari kontak dengan orang lain hingga membaik, khususnya jangan berdiri dekat atau berkontak dengan orang hamil
  3. Gunakan aspirin rubella untuk anak kecil
  4. Minum banyak air putih untuk mencegah dehidrasi.
  5. Mengurangi nyeri dan demam. Penderita dapat mengonsumsi paracetamol atau ibuprofen untuk menurunkan demam dan meredakan nyeri pada sendi.
  6. Minum air hangat bercampur madu dan lemon untuk meredakan sakit tenggorokan dan pilek.


Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah penyakit Anda.

0 Response to "Ciri-Ciri Gejala Penyakit Rubella (Campak Jerman) Pada Anak Sejak Usia Dini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel