Gejala Sakit Perut Sebelah Kiri Ingin Buang Gas Terasa Kembung

Sakit perut sebelah kiri dapat di sebabkan oleh beberapa faktor mulai dari makanan yang di konsumsi atau pun dari posisi duduk yang salah. Selain itu gejala sakit perut sebelah kiri dapat di sebabkan oleh gangguan asam lambung secara berlebih akan mengakibatkan beberapa gejala seperti perut kembung, sering bersendawa, nyeri ulu hati, rasa tidak nyaman di dada, atau mual dan muntah serta terasa berkeinginan buang gas. Gejala sakit perut menurut para ahli kesehatan, terdapat dua penyebabnya. Yang pertama jenis sakit perut akut dan kronis.

Gejala Sakit Perut Sebelah Kiri Ingin Buang Gas Terasa Kembung (image:detik)


Gejala terasa sakit perut di bagian sebelah kiri pastinya anda pernah mengalaminya. Atau pun orang lain pun ikut merasakannya secara tiba-tiba pula. Namun jangan khawatir itu semua dapat diatasi dengan cukup mudah. Penyebab rasa sakit perut sebelah kiri pun sangat beragam. Ingin tahu apa saja yang menyebabkan Anda merasakan sakit perut sebelah kiri?

Penyebab dan Gejala Sakit Perut Sebelah Kiri


Sembelit

Apabila perut terasa sakit sebelah kiri bisa terjadi karena sembelit. Sembelit bisa ditandai dengan sensasi sakit perut sebelah kiri. Selain rasa sakit, sembelit dapat menyebabkan ketidaklancaran BAB, perasaan kembung, dan berkurangnya berat badan.

Penyakit Batu Ginjal

Batu ginjal biasanya disebabkan oleh terlalu tingginya kadar kalsium atau asam urat dalam tubuh. Dehidrasi juga bisa menjadi penyebab batu ginjal. Gejala umum dari kondisi ini adalah sakit perut sebelah kiri bawah, demam, mual, nyeri di pangkal paha, dan muntah.

Sakit perut sebelah kiri bawah juga dapat disebabkan oleh infeksi pada ginjal. Peradangan biasanya dimulai dari kandung kemih dan kemudian menjalar ke ginjal. Nyeri akut juga bisa dirasakan bersama keinginan buang air kecil terus-menerus, sensasi panas saat buang air kecil, dan hematuria (urin berdarah) di antara gejala-gejala lainnya.

Sakit perut sebelah kiri karena penumpukan gas

Ini bisa jadi merupakan jenis sakit perut yang paling umum terjadi. Penyebabnya adalah menumpuknya gas di dalam perut. Gas terbentuk ketika bakteri di dalam usus besar bereaksi dan berfermentasi dengan karbohidrat yang tidak tercerna oleh usus halus. Beberapa penyebab pembentukan gas yaitu: 

Mungkin sudah terlalu banyak makan makanan tinggi akan serat. Anda menelan udara saat berkendara. Saat makan maupun minum, udara juga bisa ikut masuk ke dalam sistem pencernaan.

Cara Mengatasi Gejala Sakit Perut Sebelah Kiri


Kurangi konsumsi makanan berlemak, pedas, asam, atau yang menghasilkan banyak gas seperti kol, kacang-kacangan. Batasi kafein/ alkohol/ minuman bersoda. Tidak merokok. Memiliki waktu istirahat yang cukup. Hindari stres. Jika gejala belum membaik, disarankan agar Anda periksa ke dokter. 

Sebagai penanganan awal, Anda bisa mengurangi rasa sakit tersebut dengan melakukan hal-hal sederhana di rumah seperti di bawah ini.

  • Ketika rasa sakit perut sebelah kiri, sebaiknya kamu berbaring dan beristirahat hingga rasa sakit pun berkurang.
  • Sambil berbaring, jangan lupa untuk mengompres perut yang sakit dengan handuk yang telah direndam air hangat.
  • Perbanyak untuk meminum air putih dan minum secara perlahan-lahan. Hindari mengisi perut Anda dengan minuman berkafein atau berkarbonasi, seperti teh, kopi, atau minuman soda. Hindari juga minuman beralkohol.
  • Hindari mengonsumsi obat antiinflamasi non-steroid, seperti aspirin dan ibuprofen.
  • Hindari makanan pedas dan berlemak tinggi guna menghindari rasa sakit yang makin parah.

Akibat kondisi seperti ini, meski aktivitas sehari-hari turut terganggu, namun perut Anda tetap perlu diisi oleh makanan. Konsumsi makanan yang ramah lembut, seperti nasi, pisang, biskuit, atau roti. Cobalah konsumsi dalam jumlah sedikit untuk menghindari perut bekerja terlalu berat. Semoga dapat bermanfaat.

0 Response to "Gejala Sakit Perut Sebelah Kiri Ingin Buang Gas Terasa Kembung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel