Cabe-Cabean Bikin Hidup Sehat dan Panjang Umur

Siapa sih yang nggak suka makanan yang rasanya pedas? ehm meski tak ketinggalan karena rasa pedasnya dapat meningkatkan nafsu makan. Di Indonesia sendiri banyak diantara makanan pedas mulai dari sambel pecel, balado hingga rendang daging dan telur. Cita rasa yang unik membuat lebih semangat, Tahukah kamu makan makanan pedas hanya dua kali seminggu mendapati penurunan risiko kematian hanya 10 persen. Bagi yang suka dengan makan makanan pedas hanya satu kali dalam seminggu dapat menurunkan risiko kematian. Selain mengandung capsaicin, cabai juga mengandung vitamin C, vitamin A, mineral, antioksidan dan serat.

Alasan mengapa jika makan makanan pedas keringetan

Ketika kamu menggigit cabai, capcaisin akan menempel di reseptor lidah. Kemudian, reseptor di lidah akan membawa sinyal ke otak bahwa tubuh telah menyentuh sesuatu yang panas sehingga pada beberapa orang, mereka bisa berkeringat saat kepedasan. Ada banyak makanan pedas yang perlu Anda konsumsi untuk mendapatkan manfaatnya, dokter dan para ahli menyarankan Anda untuk mulai memasukkan cabai dan kunyit ke dalam menu makan Anda setidaknya 2-3 kali seminggu, baik dimakan mentah, dijadikan sambal, bahan rendaman masakan panggangan, tumisan, atau dipanggang utuh.


Cabe Menurunkan Resiko Penyakit Paru


Didalam cabe ternyata terdapat kandungan hebat yakni Capsaicin, zat aktif tersebut dapat mengaktifkan reseptor sel dalam lapisan dalam usus untuk menciptakan reaksi yang bisa menurunkan risiko pertumbuhan tumor dengan mematikan reseptor yang over-reaktif. Aktivasi reseptor ini juga berperan mencegah obesitas dari dalam tubuh. Pencegahan obesitas akan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, gangguan metabolik, dan juga penyakit paru.

Cabe Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat Cabe Foto:Pixabay


Selain itu, capsaicin dalam cabai efektif menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Ini dapat memperbaiki kelancaran aliran darah dari dan menuju jantung dan menyebabkan penurunan tekanan darah akibat pengaruh oksida nitrat dalam capsaicin terhadap pelebaran pembuluh darah. Pada akhirnya, efek kelancaran sirkulasi darah ini dapat menjaga kesehatan jantung. Vitamin A dan C yang terkandung dalam cabai memperkuat dinding otot jantung.

Mencegah Kanker Prostat

Dilansir dari Self, menurut American Association for Cancer Research, senyawa capsaicin (yang juga ditemukan dalam kunyit) memiliki kemampuan untuk mematikan beberapa jenis kanker dan sel leukemik. Peneliti juga menemukan bahwa capsaicin mampu membunuh 80 persen kanker pr0stat (pada tikus) tanpa membahayakan sel-sel normal di sekitarnya.

0 Response to "Cabe-Cabean Bikin Hidup Sehat dan Panjang Umur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel