Cara Merawat Pendengaran Kesehatan Telinga

Telinga salah satu organ pendengaran tubuh manusia yang berfungsi secara kusus yakni sebagai indera pendengaran. Oleh karena itu telinga merupakan organ yang sangat penting untuk dirawat baik itu dari segi kebersihan dan kesehatannya. Semakin tua umur Anda, kemampuan telinga untuk mendengar bisa semakin menurun. Untuk itu anda perlu berhati-hati apabila membersihkan telinga dan mendengarkan suara keras harus menggunakan alat seperti earphone. Jika anda berada di lingkungan tempat kerja Anda selalu menciptakan suara keras, seperti saat saat memotong rumput, menggunakan alat-alat listrik yang mengeluarkan suara, dan sebagainya, sebaiknya Anda menggunakan pelindung telinga.



Berikut ini ada beberapa cara untuk merawat pendengaran dan kesehatan telinga seperti yang di lansir oleh cosmopolitan.

Membersihkan Telinga Jangan Pake Cotton Bud


Memasukkan cotton bud  ke dalam telinga justru berisiko untuk mendorong kotoran telinga masuk ke dalam. Selain itu, memasukkan sesuatu ke dalam rongga telinga juga berisiko dapat merusak organ sensitif dalam telinga, seperti gendang telinga. Namun anda perlu berhati-hati jika melakukannya dengan cutton bud.

Jangan Mendengarkan Suara Terlalu Keras


Menurut World Health Organization, lebih dari 1 miliar remaja di seluruh dunia berisiko mengalami gangguan pendengaran akibat pemakaian perangkat audio yang tidak aman. Agar telinga Anda tetap sehat, ikuti aturan 60/60: gunakan headphones dengan volume sebesar 60% selama tidak lebih dari 60 menit setiap hari.

Membersihkan Telinga Dengan Terapi Lilin

Melakukan terapi lilin ini juga akan sangat membantu Anda dalam mengeluarkan kotoran yang ada di dalam telinga. Cara melakukannya, Anda cukup membeli lilin untuk terapi telinga, kemudian bakar dan gunakan sesuai petunjuk yang diberikan. Cara ini harus dengan resep dokter.

Jangan menggaruk telinga 

Saat telinga terasa gatal, hindarilah untuk menggaruknya karena ini malah akan menjadi infeksi. Sangat disarankan untuk segera ke dokter dan periksakanlah keadaan telinga Anda. Jangan lupa pula untuk membersihkan area luar telinga atau daun telinga dari kotoran yang menumpuk. Untuk urusan ini, Anda dapat menggunakan baby oil dan juga cotton bud. Bersihkanlah sela-sela daun telinga dengan seksama agar tidak ada kotoran yang mengendap dan tersembunyi.


Jaga telinga Anda agar tetap kering

Kelembapan membuat bakteri masuk ke dalam saluran telinga dengan lebih mudah. Untuk menghindari infeksi, ingat untuk mengeringkan telinga dengan hati-hati menggunakan handuk kering setelah mandi atau berenang.

Jangan Lupa Untuk Perawatan Secara Rutin

Pemeriksaan telinga juga dilakukan untuk memastikan tidak ada penumpukan kotoran telinga di dalam telinga. Jika ada, telinga Anda mungkin butuh untuk dibersihkan.

Oleh karena itu, pastikan telinga Anda selalu kering setiap selesai berenang dan juga setiap selesai mandi, dengan hal ini sangatlah penting.

0 Response to "Cara Merawat Pendengaran Kesehatan Telinga"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel