Sebab Rambut Rontok Pada Anak

Anak merupakan buah hati yang sangat lucu. Apalagi saat kondisinya yang sedang bertumbung kembang, oleh karena itu pertumbuhan mulai dari anggota tubuh, bicara hingga pertumbuhan rambutnya yang sehat. Pada masa anak-anak rambut si kecil bisa terawat dengan berbagai cara yang alami. Masalah yang sering muncul pada usia dini sangatlah disayangkan, karena tidak semua rambut anak dapat tumbuh sehat dengan lebat. Beberapa anak bahkan memiliki rambut yang sangat tipis atau malah justru botak sehingga mudah sekali mengalami kerontokan.



Pastinya semua orang tua dapat memastikan jika si kecil bisa tumbuh dengan baik sesuai usia perkembangannya dan selalu dalam keadaan sehat. Seperti yang dikutip oleh Livestrong, pasalnya Menurut Dr. Stephen Muething, MD, Direktur di Cincinnati Children’s Hospital Medical Center, ternyata rambut bayi hanya tumbuh rata-rata seperempat hingga setengah inci setiap bulannya. Dengan perhitungan itu, maka ia hanya memiliki tambahan panjang rambut sekitar 10-15 cm per tahun. Untuk para orang tua janganlah khawatir karena ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merangsang pertumbuhan rambut anak.


Sebab Rambut Rontok Pada Anak

Kekurangan Gizi Pada Anak

Meski jarang sekali terjadi pada anak, rambut rontok pada anak bisa jadi gejala kekurangan zat gizi karena makanan sehat kurang berimbang, seperti kurangnya asupan vitamin H (biotin) dan zat seng. Dalam beberapa studi kasus, rambut rontok pada anak juga bisa terjadi akibat terlalu banyak mengonsumsi vitamin A.

Mengalami gangguan endokrin hipotiroidisme

Penyebab rambut rontok pada anak adalah hipotiroidisme, yaitu salah suatu kondisi di mana kelenjar tiroid tidak aktif yang mengakibatkan lemahnya sistem metabolisme menjadi tidak teratur. Diagnosis hipotiroidisme bisa dilakukan dengan tes darah atau pemeriksaan kelenjar tiroid secara rutin (skrining). Dokter mungkin meresepkan obat tertentu yang berfungsi merangsang kelenjar tiroid untuk menghasilkan hormon dalam jumlah yang cukup.

Perawatan Rambut Pada Anak

Pilihan Shampo Yang Tepat

Pilih sampo yang tepat untuk anak dan hindari menggunakan sampo yang dapat membuat mata bayi iritasi. Selain itu, penggunaan sampo yang berlebihan juga berisiko membuat iritasi pada kepala bayi. Keramasi kulit kepala bayi secara rutin dengan menuangkan sampo khusus bayi yang lembut dan mencampurkannya dalam air hangat. Kemudian, pijat secara perlahan agar kulit kepala anak anda dalam gerakan memutar dengan ujung-ujung jari Anda. Cara ini akan membantu menyingkirkan kotoran yang menempel pada kulit kepala, minyak, serta membantu merangsang keluarnya foliker rambut. Bilas dengan air hangat dan keringkan kepala bayi dengan handuk yang bersih dan berbahan lembut.

Makanan Untuk Anak Agar Rambut Sehat

Orang tua wajib dengan memberikan asupan makanan yang membantu pertumbuhan rambut bayi agar lebih sehat. Cobalah tambahkan makanan seperti ikan salmon, susu, telur, buah, dan sayuran yang banyak mengandung vitamin B-1, L-cysteine, omega-3, zinc, dan zat besi yang akan membantu memproses makanan menjadi lebih berenergi yang diperlukan untuk kesehatan kulit dan rambut. Faktor makanan inilah yang berpengaruh pada kesehatan dan kesuburan rambut pada anak Anda.

Obat Rambut Untuk Anak

Obat-obatan yang paling sering digunakan untuk mengobati rambut rontok pada anak yaitu minoxidil dan finasteride. Minoxidil dapat berbentuk cairan atau sabun. Biasanya obat ini digunakan pada kulit kepala dua kali sehari untuk membantu mengurangi rambut rontok dan membantu rambut tumbuh kembali. Sedangkan finasteride biasanya diminum dan hanya diberikan pada laki-laki.

Menyisir Rambut

Sasaran tepat untuk menggunakan sisir, dengan hal ini agar menyisir rambut pada anak, jangan mengikat rambut terlalu kuat, atau menarik helai rambut juga diketahui dapat menyebabkan kerusakan rambut sehingga mudah sekali mengalami rambut rontok. Tidak mengikat rambut anak terlalu kuat bisa jadi salah satu cara efektif untuk mencegah rambut anak rontok.

0 Response to "Sebab Rambut Rontok Pada Anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel