Bahaya Penyakit Obat Tetes Mata Campur Air Putih Sebagai Perangsang

Baru-baru ini ditemukan pada kontak media sosial yang begitu cepat berkembang pesat tentang arus komunikasi. Banyak diantara menginformasikan obat tetes mata bermerk insto dicampurkan dengan air putih sebagai obat perangsang wanita. Namun itu sangatlah [X] salah, malahan akan timbul penyakit yang lebih berbahaya. Tidak sedikit yang tau tentang ilmu kesehatan yang disalahgunakan pada merk dagang obat tetes mata yang beredar di dipasaran. Selain untuk menyembuhkan sakit atau pun iritasi mata. Di mana obat tetes ini dicampur dengan air minuman, yaitu air atau soda. Obat tetes mata berwarna bening sehingga efek pencampurannya sulit dibedakan. Namun akibatnya efek samping yang timbul akan merusak sistem gangguan pencernaan maupun merusak organ lainnya seperti halnya ginjal dan jantung.



Dipasaran memang sudah banyak yang beredar seperti Insto atau obat tetes mata lainnya seperti Visine atau Murine (merk dagang lain) mengandung tetrahydrozoline hydrochloride (tyzine). Zat aktif tetrahydrozoline merupakan dekongestan yang berfungsi memperkecil pembuluh darah yang membesar akibat iritasi pada mata. Cara kerja obat ini dapat meredakan mata merah akibat terkena debu atau air. Obat ini hanya digunakan sementara, yakni kurang-lebih 3 hari dan hanya untuk diteteskan ke mata. Meminumnya jelas sangat berbahaya. Zat ini beracun dan seseorang perlu segera pergi ke dokter bila menelan tetrahydrozoline.

Bahaya Penyakit Insto Campur Air Putih


Seperti yang dilansir dari Health GuidanceBerikut adalah beberapa gejala yang mungkin terjadi bila seseorang menelan obat tetes mata:

  1. Penurunan kesadaran, merasa lemah dan mengantuk, bahkan pingsan
  2. Sulit bernapas
  3. Keringat berlebih
  4. Temperatur tubuh turun
  5. Dada terasa nyeri
  6. Detak jantung melambat
  7. Pandangan menjadi kaburPeningkatan tekanan darah tinggi
  8. Tremor atau gemetar
  9. Kejang
  10. Pingsan (tidak sadarkan diri)
  11. Pada kasus tertentu, kematian


Pastikan membaca terlebih dahulu sebelum menggunakan. Dalam label kemasan obat sudah sangat jelas diperingatkan bahwa obat tetes mata hanya boleh digunakan pada pemakaian luar. Pasalnya, obat tetes mata sebenarnya mengandung senyawa kimia yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Maka sangatlah tidak disarankan atau lebih tepatnya [x] dilarang, mengonsumsi obat tetes mata. 

Selain itu gejala yang sudah di sebutkan diatas, seperti sakit kepala, gemetar, mual, serta kebiruan pada kuku dan bibir juga mungkin terjadi saat seseorang menelan tetrahydrozoline. Efek ini juga dapat terjadi pada anak-anak bahkan hanya dalam kadar sedikit yaitu cukup 2 mL atau sekitar 2 tetes obat tersebut.

0 Response to "Bahaya Penyakit Obat Tetes Mata Campur Air Putih Sebagai Perangsang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel