Cara Menghitamkan Kembali Rambut Uban Putih

Rambut di usia senja akan muncul seperti rambut beruban. Mungkin saja dari sebagian banyak orang berusia lanjut memiliki uban sudah menjadi terbiasa. Namun ada juga yang ingin menhitamkan rambut kembali seperti masa muda dahulu. Tapi jangan khawatir, terdapat berbagai cara mengatasi uban agar Anda tetap tampil menawan. Uban dapat muncul karena menurunnya produksi pigmen melanin pada folikel rambut. Meski memiliki uban merupakan hal yang alami, namun menutupinya bukan sesuatu yang aneh. Seperti halnya orang yang sudah berusia lanjut akan mudah muncul rambut uban. Normalnya, orang Asia akan memiliki uban menjelang usia 40 tahun. Beberapa hal di bawah ini bisa juga dapat menjadi penyebab munculnya uban lebih cepat.



Penyebab Rambut Beruban


Stres Berlebih

Salah satu faktor yang sering terjadi di khalayak umum yakni faktor strres berlebih. Mereka yang mengalami kecemasan berlebih dan stres dalam jangka waktu yang panjang berpotensi memiliki uban prematur. Stres, cemas, termasuk kekurangan nutrisi seperti vitamin B-12 dapat menurunkan produksi melanin pada rambut dan memudarkan warna rambut.

Pola Makan Yang Buruk

Pola makan yang kurang memerhatikan vitamin tertentu juga bisa menyebabkan uban hadir lebih cepat dari seharusnya. Kekurangan vitamin B, zat besi, tembaga, dan iodium merupakan salah satu faktor yang dianggap memicu hadirnya uban lebih cepat.

Cara Menghitamkan Kembali Rambut Uban Putih


Pake Teh Hitam

Dengan menyeduh teh hitam dan merendamkan rambut ke dalam cairan teh, selesai sudah. Tunggu sampai teh keadaan dingin untuk mencelupkan dan merendamkan rambut. Selanjutnya, diamkan beberapa saat sebelum akhirnya bisa dibilas dengan air pada waktu mandi.

Minyak Zaitun

Cara tepat untuk menghitamkan rambut secara alami dan permanen tanpa sedikitpun bahan kimia berbahaya. Caranya pun praktis karena cukup mengoleskan minyak zaitun secukupnya hingga ke seluruh rambut, mendiamkannya selama beberapa saat, lalu gunakan air bersih untuk membilas. Melakukannya secara rutin alias setiap hari akan memberikan hasil luar biasa.

Kulit Kentang

Kamu bisa menggunakan kulit kentang sebagai bahan alami untuk menghitamkan rambut kembali penghilang uban, dan bisa menghitamkan rambut secara alami tanpa bahan kimia.

  • Siapkan 4-5 kentang dan kupas bersih ( pastikan kentang sudah dicuci bersih )
  • Rebus kentang dengan air bersih sebanyak 4 gelas.
  • Rebus hingga air menjadi 2 gelas.
  • Dinginkan air rebusan kentang.
  • Masukkan air rebusan kentang pada botol spray
  • Gunakan air rebusan kentang sebagai toner atau hair tonic untuk rambut mu agar lebih hitam.


Kemiri

Kamu bisa memanfaatkan kemiri tidak hanya untuk menghitamkan rambut dikepala saja, tapi juga bisa gunakan untuk menghitamkan alis. Cara membuatnya juga sangat mudah, dan berikut ini adalah cara mengolah kemiri dengan benar.
  1. Gunakan ¼ kemiri dan bakar hingga matang ( warna menghitam ).
  2. Haluskan kemiri dengan menggunakan batu ( masukkan kemiri dalam kain bersih ).
  3. Peraslah kemiri yang sudah dihaluskan dalam kain.
  4. Minyak akan keluar jika kamu memerasnya dengan kuat.
  5. Gunakan minyak pada rambut atau alis, dan sisa ampas kemiri bisa kamu haluskan dengan blender dan sedikit air serta kamu gunakan sebagai masker rambut.


Perhatikan Pola Makan

Penuhilah kebutuhan vitamin B12, asam folat, dan omega 3 agar uban tidak segera hadir. Ketiga nutrisi tersebut penting untuk pertumbuhan rambut. 

Hindari Rokok

Beberapa makanan yang terbuat dari tepung, gula, dan minuman ringan sebaiknya dikurangi atau bahkan dihindari. Makanan jenis ini membutuhkan banyak energi sehingga menyebabkan kerutan, kulit keriput, uban, dan penuaan dini. Merokok juga sebaiknya dihindari dan jangan lupa berolahraga.

0 Response to "Cara Menghitamkan Kembali Rambut Uban Putih"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel