Ingin Punya Rambut Lurus Sehat dan Berkilau

Memiliki rambut sehat dan berkilau merupakan impian oleh setiap banyak orang. Disamping rambut sebagai mahkota yang indah tentunya menjadi daya tarik seseorang untuk tampil lebih modis dan dinamis. Menurut ahli perawatan rambut dan kulit kepala, folikel rambut dipengaruhi oleh kesehatan dan pasokan darah dari jaringan kulit di sekitarnya. Jadi, bisa dibilang jika kulit kepala adalah kunci rambut sehat dan berkilau. Ada banyak cara alami yang dapat Anda terapkan untuk memiliki rambut sehat dan berkilau. Tak jarang, kita juga seringkali membeli produk-produk rambut dengan harga begitu mahal karena menganggap itu satu-satunya cara untuk dapatkan rambut sehat dan berkilau. Berikut adalah cara yang tepat untuk memelihara kesehatan rambut, seperti dilansir Boldsky.

Unsplash/Hair Beauty


Memilih Shampo dan Kondisioner Yang Tepat

Jangan lupa untuk memilih shampo yang sesuai dengan jenis rambut (normal, berminyak, kering) dan sesuai masalah rambut yang dialami (ketombe, bercabang, rontok). Hindari sampo yang mengandung bahan-bahan keras, seperti ammonium lauryl sulfate atau sodium lauryl sulfate. Anda dapat mengonsumsi suplemen mengandung asam amino, biotin atau minyak ikan agar rambut lebih kuat dan tebal.

Pentingnya Vitamin dan Mineral Untuk Rambut Sehat dan Berkilau

Secara umum, semua jenis vitamin dan mineral sangat penting untuk kesehatan rambut dan tubuh manusia. Tahukah kamu  makanan dari apa yang dapat dikonsumsi juga berpengaruh terhadap kesehatan dan keindahan rambut. Oleh karena itu, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sarat protein (telur, susu, kacang, ikan, unggas, daging), zat besi (kacang-kacangan, kerang, tiram, biji labu, bayam), asam lemak omega-3 (salmon, sarden, keju, yoghurt). 

Selain itu juga dapat disarankan mengkonsumsi suplemen biotin agar dapat membantu mengurangi atau mencegah kerontokan rambut. Salah satu diantara Vitamin B memiliki banyak manfaat, salah satunya sebagai asupan yang penting bagi rambut, terutama biotin atau vitamin B7. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan rambut rapuh atau rontok. Sumber biotin antara lain keju, yoghurt, telur, sereal dan ayam.


Menghindari Pewarna Rambut Berbahan Keras

Mewarnai rambut dapat merusak kesehatan rambut. Bahan kimia yang terkandung dalam pewarna rambut dapat mengurangi kelembapan rambut. Apalagi jika tidak dirawat dengan benar. Sama seperti yang disebutkan diatas, Hindari sampo yang mengandung bahan-bahan keras, seperti ammonium lauryl sulfate atau sodium lauryl sulfate.

Minyak Zaitun Membuat Rambut Berkilau

Minyak zaitun dapat melembapkan dan memperkuat rambut lebih sehat dan juga menghilangkan ketombe secara alami. Anda juga bisa mencampurnya dengan madu. Kemudian mengoleskan masker itu pada rambut untuk membuatnya semakin berkilau.

Buah Pisang dan Pepaya 

Buah pisang dan pepaya ternyata sangat bermanfaat bagi rambut untuk membuat masker. Masker rambut ini sangat efektif untuk menjaga rambut tetap lurus dan berkilau. Campur pisang dan pepaya, lalu tambahkan susu. Oleskan pada rambut dan biarkan selama 30-45 menit. Bilas dan blow dry.

Untuk memperoleh rambut tebal yang sehat jangan lupa dengan asupan pedoman gizi seimbang. Bagi yang ingin punya rambut lurus sehat dan berkilau, ketika keramas dianjurkan untuk menggunakan dengan air hangat. Air hangat maupun panas dapat menyerapkan minyak alami rambut, sedangkan air dingin bisa membuat rambut menjadi kusam. Setelah bersampo, jangan di tinggalkan juga untuk mengoleskan kondisioner untuk menjaga rambut tetap lembut, berkilau dan mudah ditata. Diamkan selama dua sampai tiga menit sebelum dibilas hingga bersih. Semoga rambutmu tetap sehat dan berkilau.

0 Response to "Ingin Punya Rambut Lurus Sehat dan Berkilau"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel