Kenali Tanda Anak Mengalami Gejala Cacingan

Penyakit cacingan bisa terjadi menyerang sistem pencernaan pada anak. Para orang tua perlu mengenali dan jangan pernah menganggap remeh gejala cacingan penyakit anak. Seorang anak bisa terinfeksi penyakit cacing akibat makanan yang hendak mereka makan. Perlu hati-hati untuk para orang tua jika anak sudah terinfeksi penyaktit cacingan dapat menimbulkan efek yang cukup serius. Salah satu penyebab utama akibat main di tempat kotor lupa cuci tangan dengan air bersih dan sabun, karena sudah terkontaminasi dengan telur cacing, anak-anak juga rentan mengalami cacingan dari makanan serta minuman yang tidak higienis dan makanan yang dimasak tidak matang seutuhnya. Kemungkinan menjadi salah satu sebabnya, saran paling penting terutama bagi ibunda untuk menjaga kebersihan makanan dan lingkungan.

Ilustrasi Gejala Cacingan Pixabay


Cacingan biasanya terjadi karena kurangnya kesadaran untuk selalu menjaga kebersihan diri ataupun lingkungan. Cacing biasanya masuk ke dalam organ-organ tubuh melalui saluran pencernaan, kulit, usus, paru-paru, bahkan otot.  Menurut Prof. Supargiyono, seorang pakar kesehatan Kepala Bagian Parasitologi yang berasal dari Universitas Gajah Mada di Fakultas Kedokteran, penyakit cacingan (larva) yang berkembang ini bisa menyebabkan kematian pada anak. Risiko tersebut bukan timbul dari batuk lama tersebut, melainkan justru disebabkan oleh malnutrisi di mana kondisi batuk dapat menjadi serius dan berkembang menjadi bronkitis.

Cici-Ciri Anak Mengalami Gejala Cacingan


Mual

Yang paling utama gejala awal penyakit anak ditandai dengan rasa mual berlebih. Sehingga setiap kali makan anak sering muntah karena makanan yang hendak dimakan terasa kurang enak.
Sakit perut.

Gatal di sekitar anus

Bila anak terlihat sering menggaruk daerah anusnya, Anda perlu curiga ia mengalami infeksi cacing kremi (Enterobius). Rasa gatal dapat dialami sepanjang hari, terutama di malam hari. Akibatnya, anak menjadi sulit tidur.

Nampak lemah dan lemas

Tahukah para orangtua apabila anak terkena penyakit gejala cacing karena secara tidak langsung didalam perut juga menghisap darah dari dinding usus. Bila infeksi sudah cukup lama, anak dapat mengalami anemia (kekurangan darah) yang membuatnya tampak pucat dan lemah.

Hilang nafsu makan

Secara umum, infeksi cacing dapat menyebabkan penurunan nafsu makan. Sehingga berakibat menurunnya daya tahan tubuh dan mempengaruhi kecerdasan anak. Kontaminasi cacing ini juga mengakibatkan anak menjadi susah makan sehingga menjadi gizi buruk karena semua nutrisi akan diserap oleh si cacing.

Penurunan berat badan

Jika gejala infeksi cacing pita telah menyebar di bagian tubuh, maka kemungkinan akan menyebabkan kerusakan organ dan jaringan.

0 Response to "Kenali Tanda Anak Mengalami Gejala Cacingan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel