Solusi Atasi Penyakit Cacar Air Yang Semakin Melebar

Cacar Air merupakan salah satu penyakit infeksi kulit yang di sebabkan oleh virus varicella zoster, yang bisa terjadi dapat menyerang kulit mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Penyakit cacar air mungkin anda salah satunya pernah mengalami sewaktu kecil karena bisa di sebabkan oleh menurunnya sistem kekebalan tubuh manusia. Penyakit cacar air yang semakin melebar dapat diatasi dengan cara pengobatan baik itu secara herbalis maupun medis. Selain itu penyakit kulit bisa menyerang kondisi bayi bilamana masih sangat rentan dan sensitif kulitnya. Salah satu tanda bahwa terserang penyakit cacar air, mulai terbentuknya ruam cacar air dapat muncul di tubuhnya, dimulai dengan bintik kecil merah yang melepuh (berisi cairan) di wajahnya. Kemudian, bintik-bintik akan menyebar ke area dada, perut lalu menyebar ke seluruh bagian tubuh.



Seperti yang dikutip mayoclinic terdapat Virus varicella zoster juga dapat menular lewat udara dan air sehingga terkadang penderita harus mendapatkan tempat khusus. Orang yang sudah pernah mendapatkan vaksin cacar air dan tidak kebal tetap akan terkena cacar air. Bagi penderita cacar air orang dewasa akan mengalami demam dengan suhu cukup tinggi, sakit kepala, dan  seluruh tubuh terasa pegal-pegal. Tak jarang, banyak dari orang-orang menempuh pengobatan secara medis hingga alami agar penyakit cacar air ini bisa lekas sembuh. Bentol-bentol air pada orang dewasa biasanya akan mengering dan menjadi keropeng (koreng) secara bertahap. Koreng ini akan menghilang perlahan-lahan dalam jangka waktu satu hingga tiga minggu.  


Jangan sampai menggaruk bintik-bintik merah cacar agar tidak meninggalkan bekas luka hingga menjadi kehitaman. Sebagai orang yang menderita penyakit cacar air, kebersihan sangatlah penting untuk dijaga. Karena dengan menjaga kebersihan, penderita akan terhindar dari kuman-kuman yang yang bisa membuat daya tahan tubuh semakin memburuk. Oleh karena itu, penderita cacar air harus selalu mengganti pakaian dan baru menghindari adanya pakaian yang melekat selama 24 jam.


Cara menghilangkan cacar air dengan cepat dan alami memang ada banyak sekali, namun dibutuhkan kesabaran tingkat tinggi untuk penderita cacar air.  Ada beberapa hal untuk mengurangi kemungkinan penyakit Anda berkembang semakin parah.

Tanda-Tanda Cacar Air


Penyakit cacar air bisa timbul karena bakteri atau pun virus akibat lemahnya sistem kekebalan tubuh manusia bisa juga oleh kurangnya menjaga kebersihan. Memang rasanya tidak enak dan tidak nyaman ketika terjadi bintil merah berisi cairan yang terasa semakin gatal berlebih yang kemudian akan mengering, menjadi koreng dan terkelupas dalam waktu 7 hingga 14 hari. Setelah satu atau dua hari, cairan di dalam bintik-bintik berwarna merah tadi akan mulai mengering dan cepat mengerak. Kemudian seiring waktu memasuki seminggu atau dua minggu kemudian, kerak tersebut akan rontok dengan sendirinya.

Menghilangkan Bekas Cacar Air Kehitaman


Cacar air dapat dicegah dengan proses vaksinasi. Vaksin cacar air hanya dianjurkan untuk anak-anak kecil, remaja yang belum pernah divaksinasi, dan orang dewasa yang belum pernah menderita cacar air namun pernah mendapatkan vaksinasi. Namun, bagi wanita hamil, orang yang memiliki kekebalan tubuh lemah, dan orang yang alergi terhadap gelatin atau neomycin antibiotik, tidak dianjurkan untuk melakukan vaksinasi. Ini merupakan langkah paling efektif untuk mencegah cacar air dan komplikasinya. 

  • Oleskan lotion Kebagian Seluruh Tubuh


Kamu dapat mengoleskan lotion bisa membuat kulit tubuhnya lebih nyaman dari rasa gatal yang ditimbulkan bintik cacar air. Pilih pakaian yang tepat. Jika bintik-bintik cacar airnya parah, pilihkan pakaian yang longgar, lembut, dan berbahan katun. Selain itu menjaga pakaian tetap bersih bisa membuat tidak kepanasan atau kedinginan serta mencegah kulitnya teriritasi. Hindari pakaian yang terbuat dari bahan kasar seperti wol.

  • Mandi air hangat Agar Rileks

Bila Si Kecil terkena penyakit cacar air cukup diatasi dengan mandi air hangat suam-suam kuku dengan mengaplikasikan sedikit sabun. Bilas hingga bersih.

  • Masker Kulit Pisang


Kulit pisang dapat menghilangkan bekas cacar air warna keitaman karena sel kulit mati. Oleh karena itu, menggunakan kulit pisang dapat mempercepat proses penyembuhan cacar air. Penggunaannya dengan cara menggosokkan kulit pisang pada bekas cacar air kehitaman kulit tersebut. Hal ini dilakukan dengan secara rutin sebanyak dua kali sehari selama 10 menit. Setelah itu bisa dibilas dengan air.

  • Madu


Madu merupakan bahan alami menjadikan solusi tepat dapat mencegah terjadinya infeksi pada luka. Bagi penderita cacar air bila mengalami infeksi pada bagian tubuhnya. Cara menggunakannya pun relatif tidak sulit, yakni dengan mengoleskan madu pada bekas cacar air.


Apabila orang yang sedang mengalami cacar air bersin dan batuk di dekat Anda, perlu menghindarinya agarvirus tersebut dapat menyebar melalui udara yang Anda hirup. Selain itu, jika Anda memegang barang-barang yang sudah terkena infeksi virus ini, Anda mungkin dapat mengalami cacar air. Jka Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

0 Response to "Solusi Atasi Penyakit Cacar Air Yang Semakin Melebar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel