Makanan Penyebab Hipertensi Perlu Di Waspadai

Orang yang mengalami gejala tekanan darah tinggi dapat diatasi dengan pola makanan sehat. Tekanan darah tinggi lebih sering terjadi pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas. Lemak jenuh dan trans. Tekanan darah tinggi adalah kondisi di mana dorongan tekanan darah dalam pembuluh melebihi batas normal, yaitu (120/80 mm Hg). Gaya hidup termasuk jenis makanan yang dikonsumsi memiliki pengaruh besar akan terjadinya kondisi tersebut. Contoh makanan yang tinggi kandungan lemak jenuh adalah: kulit ayam, susu full cream, daging merah ( sapi dan kambing), dan mentega. Akibat darah tinggi juga dapat menjadi penyebab penyakit gagal ginjal, jantung hingga stroke.

Apabila seseorang yang mengalami gejala tekanan darah tinggi, mungkin penyakit lainnya akan mudah menghampiri. Oleh karena itu, memanglah sangat penting bagimu untuk mengetahui makanan penyebab darah tinggi sebagai berikut ini.




Makanan Mengandung Gula

Gula memang rasanya manis namun harus sesuai dengan porsinya. Gula dalam jumlah tertentu memang dibutuhkan bagi tubuh. namun jika dalam jumlah yang berlebihan, tentu tidak akan menyehatkan lagi bagi tubuh kita. Tak banyak yang tahu, gula ternyata dapat memicu hipertensi. Batas konsumsi gula per hari untuk pria adalah 36 gram atau sekitar 9 sendok teh. Sedang untuk wanita adalah 24 gram atau setara 6 sendok teh.

Untuk menjaga kadar gula secara normal, maka yang harus kamu hindari diantaranya mengkonsumsi makanan dan minuman manis. Seperti kue-kuean, kopi dengan tambahan perasa buatan, saus juga jus buah kemasan, serta buah kalengan. Selain itu gula juga memiliki beberapa nama samaran dalam label kemasan. Misalnya sukrosa ataupun high-fructose corn syrup (HFCS).

Garam atau Sodium

Garam atau sodium dapat memicu hipertensi. Batas konsumsi normal adalah 2300mg sodium per hari. Sedangkan untuk penderita hipertensi, konsumsi yang disarankan kurang dari 1500mg sodium per hari atau sepertiga sendok teh. Dengan kadar sodium yang cukup tinggi juga ditemukan pada makanan olahan termasuk pizza, makanan kalengan, saus tomat kemasan, daging olahan, kecap, serta makanan siap saji. Untuk itu kamu perlu menghindarinya.

Makanan Tinggi Lemak Seperti Dading

Ada beberapa makanan yang sering kita jumpai namun itu semua sangatlah menjengkelkan karena kadar lemak berlebih juga biasa dijumpai pada makanan yang digoreng, daging merah, kulit ayam, mentega, susu full cream, dan minyak kelapa. Mengurangi konsumsi daging merah akan membantu tubuh, untuk mengontrol tekanan darah.

Contoh daging merah :

Sapi
Kambing
Domba

Kulit Ayam

Kulit ayam yang digoreng garing dengan bumbu atau kulit ayam yang digoreng yang biasa disajikan di restoran menjadi favorit banyak orang. Namun, kulit ayam ternyata mengandung banyak minyak jenuh. Minyak jenuh ini bisa menjadi salah satu penyebab hipertensi.

Minuman Kafein, Alk0hol dan Kopi

Dari ketiga jenis minuman yang cukup populer tersebut dikenal menjadi salah satu penyebab hipertensi. Terlalu sering minum alk0hol dan dalam jumlah melewati batas yang dianjurkan dapat meningkatkan risiko hipertensi. Batas konsumsi kafein adalah 400mg per hari atau setara 4 cangkir kopi. Selain kopi, minuman bersoda, teh berkafein dan minuman berenergi juga mengandung kafein.


Nah sahabat Womenia Sehat sudah tau kan makanan penyebab hipertensi seperti yang dijelaskan di atas, rajinlah berolahraga dan rutin melakukan pemeriksaan tekanan darah.

0 Response to "Makanan Penyebab Hipertensi Perlu Di Waspadai"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel