Beda Introvert, Ekstrovert Dan Ambivert

Semua orang punya kepribadian secara umum bisa itu introvert maupun ekstrovert. Namun bisa juga seperti Ambivert, namun tipe kepribadian apalah-apalah yang mungkin anda serta didekat anda seperti apa orang mengenal. Seperti halnya dirimu sendiri memang cukup mengenali kepribadian dirimu sendiri. Apakah kamu sudah tahu tipe mana yang ada dalam dirimu sesungguhnya?

Introvert


Introvert salah satu kepribadian dengan nama lainnya yakni introversion, ciri-ciri orang introvert yang cenderung fokus kepada pikiran, perasaan dan mood berasal dari dalam diri seseorang. Orang introvert sering kali dianggap sebagai anti-sosial, pemalu, bahkan orang yang muak dengan hubungan sosial. Sejak dini mungkin kita sudah sering mendengar kalau supel, berinteraksi, suka bergaul pada siapa pun dan dengan orang mana pun namanya bergaul merupakan hal yang sangat baik. Namun yang perlu diingat, introvert juga memiliki kesamaan dengan ekstrovert kok. Ada enam point penting agar tau ciri umum dari introvert:

  1. Kepribadian lebih suka menyimpan perasaan sendiri.
  2. Terlihat pendiam atau menarik diri ketika berada di tengah-tengah sekumpulan orang yang tidak mereka kenal baik.
  3. Sadar diri dan memikirkan segala sesuatu sebelum bertindak.
  4. Merupakan pengamat yang baik dan cenderung mempelajari situasi sekitarnya melalui pengamatan terlebih dahulu.
  5. Lebih mudah bersosialisasi dan mudah jika bekerjasama dengan orang yang sudah dikenal
  6. Mengembangkan untuk belajar lebih seperti public speaking membuat Anda lebih mampu berbicara di depan banyak orang. Hal ini juga merupakan penyaluran energi positif yang sangat efisien bagi seorang introvert.
Kepribadian Kamu Pictures By Pexels

Ekstrovert


Kepribadian ini merupakan cerminan dari Introvert, dua pendapat yang akan di jelaskan secara garis besarnya tipe orang yang supel, suka bergaul, easy going, lebih banyak berbicara dan penuh semangat. Menurut Carl Jung dalam bukunya Psychological Type, ekstrovert didefinisikan sebagai orang-orang yang senang berada di antara banyak orang. Secara umum lebih suka untuk mencari pengalaman baru yang menarik, hubungan sosial dan kesempatan untuk memimpin termasuk stimulasi sosial agar lebih bersemangat untuk menjalankan kegiatan hariannya. Ciri-ciri Ektrovert adalah:


  1. Bersikap ramah pada orang lain
  2. Senang bersosialisasi dan penuh dengan kegembiraan
  3. Suka menjadi pusat perhatian
  4. Antusias dan mudah bergaul

Ambivert


Kesetimbangan dari kepribadian Introvert dan ekstrovert punya sisi seimbang untuk kepribadian ambrivert. Oleh karenanya orang yang senang bersosialisasi orang yang punya kemampuan agar bisa mengerjakan tugas secara individu maupun dalam kelompok. Akan tetapi juga membutuhkan waktu untuk menyendiri.

Setiap orang memang diciptakan berbeda dengan kepribadian yang berbeda entah itu introvert, ekstrovert, dan ambivert. Karenanya berbeda itu tetap satu menuju satu tujuan yang baik tergantung bagaimana kita menyikapinya. Lebih baik menjadi seorang belajar dan bersyukur untuk agar hidup lebih baik lagi. Ketiga kepribadian berdasarkan sifatnya secara masing-masing dengan memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing.

Namun yang sangat penting dalam hidup ini sekecil apapun atas upaya yang dikerjakan bila kamu merasa nyaman, karena semua orang itu sukses, bahagia, dan benar-benar hidup dengan tipe kepribadian yang telah kamu miliki. Untuk apa berubah hanya karena pendapat serta pemikiran dari orang lain karena itu dirimu sesungguhnya harus lebih tumbuh rasa percaya diri.

0 Response to "Beda Introvert, Ekstrovert Dan Ambivert"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel