Alasan Buah Pisang Mengobati Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat merupakan salah satu gejala yang timbul penumpukan penyakit yang dinamakan zat purin didalam aliran darah. Zat tersebut dapat menyumbat aliran darah sehingga tidak merata menyebar kedalam tubuh. Apabila orang yang mengalami asam urat akan merasakan sendi sakit hingga bengkak. Meski memang penyakit ini tak bisa disembuhkan secara total, tapi gejalanya bisa dikendalikan. Kadar asam urat yang normal adalah di bawah 6 mg/dL untuk perempuan dan laki-laki di bawah 7 mg/dL. 


Penyakit asam urat dapat dikendalikan yakni disarankan untuk menjaga berat badan, pilihlah sumber karbohidrat kompleks dalam menu makanan harian anda. Makan makanan bergizi disarankan lebih banyak buah, sayuran, dan gandum utuh. Ada beberapa sayuran yang memiliki kadar purin tinggi, yaitu bayam, kembang kol, asparagus, kacang polong, dan jamur. Penumpukan asam urat akan membentuk kristal di sendikadar asam urat dalam darah (hiperurisemia), yang dapat memicu nyeri dan pembengkakan di berbagai sendi tubuh. 


Penyakitnya berbentuk gumpalan atau pun kristal asam urat juga bisa terbentuk di dalam aliran darah, ginjal dan saluran kemih. Kondisi tersebut dapat mengganggu fungsi ginjal atau menyebabkan batu saluran kemih. Maka dari itu disarankan untuk mengkonsumsi makanan seperti kue-kue manis, permen, minuman manis dan produk yang mengandung gula fruktosa tinggi. Selain itu juga anda dapat mengkonsumsi beberapa makanan yang dapat mencegah terjadinya penyakit asam urat. Berikut ini ada beberapa diantaranya sebagai berikut ini:


Buah Pisang


Buah Pisang Copyright Pexels


Buah pisang ternyata punya banyak manfaat, salah satunya dapat mencegah terjadinya penyakit asam urat. Buah pisang mengandung potasium yang membantu mengubah kristal asam urat jadi cair sehingga bisa keluar dari dalam tubuh dengan mudah. Cukup 2 buah pisang/day untuk mengobati nyeri akibat penyakit asam urat. Sungguh luar biasa manfaat buah pisang bukan!

Perbayak Minum Air Putih


Hai kamu jangan sering minum alkohol terbukti dapat meningkatkan kadar asam urat bisa kapan pun bisa terjadi. Maka perbanyaklah mengkonsumsi air putih, dengan minum air minimal delapan gelas per hari, selain memperlancar aliran darah juga akan membantu mengangkut zat gizi dan juga zat yang sudah tidak terpakai dalam tubuh. Untuk itu satu alasan jika air putih dapat mencegah beberapa penyakit salah satu diantaranya yakni mencegah asam urat.

Secangkir Rebusan Jahe

Jahe mengandung berbagai senyawa anti inflamasi yang bisa membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan yang dialami penderita asam urat. Jahe juga bersifat analgesik lagi menyehatkan. Ternyata meminum secangkir air rebusan jahe alami tiap pagi untuk mengobati asam urat.

Cuka Sari Apel

Dilansir dalam laman Healthline, dengan memanfaatkan cuka sari apel adalah bahan yang dapat mengurangi terjadinya peradangan, sehingga mencegah timbulnya tumpukan asam urat pada sendi.

Secangkir  Air Lemon

Buah lemon ternyata dapat mengobati penyakit asam urat. Perasan setengah buah lemon dan campur dengan secangkir air hangat untuk mengurangi rasa sakit serta bengkak. Yang di yakini memiliki kandungan vitamin C adalah zat antioksidan dapat membantu mengurangi zat purin kelebihan kadar asam urat.

Secara sederhananya untuk mengobati penyakit asam urat bisa dilakukan melalui home remedies, yakni dengan melakukan olahraga secara rutin setiap hari. Berolahragalah secara teratur selama 30 menit bila satu atau dua kali dalam seminggu. Besar kemungkinan pengendalian penyakit didalam tubuh dengan mengkonsumsi banyak air putih dapat membuat tubuh menjadi lebih ringan.

0 Response to "Alasan Buah Pisang Mengobati Penyakit Asam Urat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel