Pentingnya Pemberian ASI Bagi Anak Balita

Pemberian ASI sejak dini pada usia balita memang sangat penting. Bagi ibu dalam memberikan ASI yang cukup bagi anak melainkan juga sangat perlu mendapatkan dukungan dari sang suami. Dukungan satu sama lainnya memang perlu, karena rasa nyaman dan bahagia bersama keluarga menciptakan suasana hati sehingga hormon oksitosin bisa diproduksi dengan baik. Nah, sebagai pengetahuan secara umum bagi Ibunda yang sedang menyusui perlu mengetahui hormon oktosin. Apa itu hormon Oksitosin?


Hormon Oktosin merupakan salah satu hormon yang mempengaruhi lancarnya ASI. Hormon tersebut sangat dipengaruhi oleh suasana hati yang dirasakan ibu. Hormon itu dapat bekerja dengan baik jika ibu merasa nyaman dan bahagia. Untuk bahagia dan penuh rasa nyaman, ibu perlu didukung dengan banyak hal baik secara fisik maupun psikologis. Menyusui itu tidak hanya peran ibu tetapi juga dukungan seorang ayah dengan penuh kasih sayang. 

ASI Bagi Anak Balita Copyright Pixabay


Dikutip dari Leasuretime, Menurut dokter spesialis anak Meita Dhamayanti, terdapat hubungan yang erat antara kebahagiaan ibu dengan tumbuh kembang anak. Air susu yang diproduksi secara alami oleh tubuh ini memiliki kandungan nutrisi yang penting bagi tumbuh kembang bayi, seperti vitamin, protein, karbohidrat, dan lemak. Komposisinya pun lebih mudah dicerna ketimbang susu formula.


Oleh karenanya, sejak hamil ibu sudah harus mulai mengatur emosi dan selalu berpikiran positif. Jika selama hamil ibu bahagia, ibu akan mengeluarkan hormon yang disalurkan ke plasenta dan kemudian ditangkap oleh syaraf-syaraf otak janin. Selain itu juga disarankan untuk rajin mengkonsumsi buah-buahan, seperti contohnya buah apel rendah kalori, kandungan fruktosa dalam apel merupakan jenis karbohidrat yang sukar dicerna dan diurai oleh bakteri di usus besar. Menerapkan pola makan sehat sangat dianjurkan ketika Anda sedang menyusui, misalnya dengan mengonsumsi sayuran, buah, daging tanpa lemak, makanan berserat, susu, dan banyak minum air. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Pentingnya Pemberian ASI Bagi Anak Balita"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel