Makanan Sehat Sangat Baik Untuk Perkembangan Sel Otak

Mengkonsumsi makanan tentunya harus sehat, selain itu juga harus seimbang agar tepat guna menjaga kondisi kesehatan tubuh kita. Dengan memiliki kondisi tubuh yang sehat tentu akan lebih semangat untuk menjalankan aktivitas keseharian. Kondisi tubuh yang sehat dibarengi dengan pola pikir yang baik juga memberikan nutrisi penting untuk kesehatan otak kita agar berkembang tidak stress. Karena otak merupakan salah satu organ terpenting bagi tubuh manusia, dapat diartikan sebagai mesin penggerak segala fungsi dan aktivitas tubuh manusia. Melakukan tindakan seperti bergerak atau melakukan aktivitas kerja untuk sesuatu, maka dari itu otaklah yang memerintah dan mengaturnya. Adapun mengenai beberapa aspek yakni kecerdasan, kreativitas, emosi, dan ingatan juga menjadi bagian dari nomor sekian dari banyak hal yang diatur oleh otak. 


Makanan sehat dan asupan nutrisi penting lagi sehat memang sangat baik dan lingkungan yang kondusif untuk menstimulasi kerja otak agar optimal. Nutrisi yang penting biasanya terkandung didalam porsi makanan yang memang sangat dibutuhkan oleh otak. Nutrisi penting seperti diantaranya asam lemak essensial seperti AA, DHA dan EPA, asam amino seperti asam L-Glutamat dan juga multivitamin seperti Vitamin B kompleks, Vit B12 dan asam folat. 


Untuk memenuhi asupan makanan sehat seperti sayuran dan buah tidak kalah penting bagi tubuh juga. Seperti yang dilansir dari Reader’s Digest, seorang ahli saraf bernama David Perlmutter, MD., mengatakan bahwa rata-rata pertumbuhan sel otak selama masih dalam kandungan adalah sekitar 250.000 sel otak baru per menit. Nah, berikuti ini ada beberapa asupan makanan dan nutrisi sehat yang baik untuk perkembangan otak manusia sejak bayi hingga lansia?

Brokoli


Brokoli Sayuran Untuk Perkembangan Sel Otak Copyright Pixabay


Brokoli si sayuran hijau bentuknya memang unik dan sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam perkembangan sel otak. Salah satu diantaranya adalah asam folat sekitar 42%, vitamin B5, A, B2, B6, E dan kolin yang disertai antioksidan, brokoli juga kaya akan vitamin K sifat antiinflamasi dan efek antioksidan sehingga membantu melindungi otak dari kerusakan.. Vitamin K juga berperan sangat penting bagi otak untukk menjaga daya ingat dengan ingatan yang lebih baik pula. 


Kubis


Sayur Kubis bagian kedua yang membantu untuk memenuhi kebutuhan nutiri untuk otak. Didalamnya tentu mengandung vitamin K, yang bekerja dengan baik didampingi kalsium dan vitamin D untuk menjaga tulang Anda kuat dan sehat. Sayuran ini direkomendasikan untuk memenuhi jumlah harian untuk dikonsumsi.



Kacang-Kacangan


Sejenis kacang pun banyak seperti buncis dan kacang hijau. Seperti diambil dari satu contoh kacang hijau menurut penelitian berdasarkan Departemen Kimia Institut Teknologi Harbin, 85 persen dari total asam amino dihasilkan oleh albumin dan globulin yang terkandung dalam kacang hijau. Fitonutrien juga ikut serta dapat bekerja sebagai anti-pembengkakan serta mampu membantu meningkatkan imun dan menetralkan bakteri berbahaya, virus, iritasi, dan sebagainya.. Ahli gizi Stephanie Bostic mengatakan, kacang-kacangan lainnya bisa dijadikan camilan terbaik untuk memperpanjang usia. 

Buah Alpukat

Buah alpukat sangat baik banyak nutrisinya yang bisa dijadikan minuman jus atau bahkan sebagai komposisi seperti salad. Alpukat memang mengandung lemak. Namun, kandungan lemak yang ada dalam alpukat merupakan lemak tak jenuh tunggal yang berkontribusi pada kesehatan aliran darah.

"Dan aliran darah yang sehat berarti otak sehat," kata Ann Kulze, penulis Dr. Ann's 10-Step Diet: A Simple Plan for Permanent Weight Loss; Lifelong Vitality dikutip dari WebMD. Dia menyarankan konsumsi seperempat atau setengah alpukat ke dalam asupan makanan sehari-hari.

Telur

Kandungan dari telur bermanfaat bagi sel otak karena banyak mengandung zat yang bernama kolin. Kolin merupakan senyawa aktif untuk pembentukan asetilkolin, yakni salah satu neurotransmiter penting pada otak. Zat tersebut sangat berperan penting dalam pengiriman sinyal atau impuls pada satu saraf ke saraf lain. Selain itu, telur mengandung kolesterol sebagai membran sel otak seperti antioksidan yang baik mampu melindungi kesehatan otak.

Tomat Ceri

Tomat ceri bentuknya mungil namun besar manfaatnya, bentuknya bulat berwarna merah cerah mengandung karotenoid yang dapat meningkatkan kemampuan kognisi dan memori dalam jangka waktu panjang.  Kandungan lain yang tak kalah penting ialah likopen. Likopen melindungi sel-sel tubuh dari inflamasi. Kandungan likopen terbesar terdapat pada kulit tomat. Nah untuk itu jangan ragu untuk menjaga kesehatan perlu asupan makanan yang sehat pula.

0 Response to "Makanan Sehat Sangat Baik Untuk Perkembangan Sel Otak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel