Empat Sumber Makanan Tidak Boleh Dimakan Mentah

Sumber makanan merupakan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh manusia. Sumber makanan pun dapat diperoleh dari segala sumber yakni buah dan sayuran. Seperti contohnya sayuran hijau seperti terong karena ungu warnanya dikategorikan sebagai sumber energi pangan yang memiliki kandungan serat yang sangat baik bagi sistem pencernaan. Namun sayuran lain seperti buah tomat seringkali kita hendak mengkonsumsinya dimakan secara mentah. Berikut mengutip Live Strong ada beberapa sumber makanan yang tak boleh dikonsumsi dalam bentuk mentah. Sumber makanan apa sajakah diantaranya?

1. Terong


Terong sayuran berbentuk ungu memanjang ada yang perlu diketahui dan dikenal mengandung senyawa solanin. Senyawa yang satu itu dapat menghambat penyerapan kalsium. Solanin sendiri bisa menjadi racun yang dapat menambah resiko gangguan sisttem pencernaan bagi tubuh manusia. Keracunan solanin menyebabkan beberapa gejala umum seperti muntah, kram perut, mual, sakit kepala, dan diare. Untuk itu disarankan jangan mengkonsumsi secara langsung setidaknya dimasak sebentar dulu.

2. Kentang atau Sweat Potatoes


Sweet Potatoes


Kentang juga disinyalir mengandung senyawa solanin yangberahaya bagi tubuh manusia terutama pada sistem pencernaan. Salah satu penyebabnya adalah dengan adanya senyawa solanin dalam kentang bahwa menunjukkan kadar solanin yang tinggi pada kentang. Selain dapat mengganggu pencernaan juga itu, kandungan pati yang tinggi juga membuat kentang sulit dicerna dalam keadaan mentah. Untuk itu setiap kentang hendaknya dimasak terlebih dahulu.

3. Kacang Polong dan Kacang Merah


Beberapa varietas kacang dikenal berbahaya jika dikonsumsi dalam keadaan mentah. Sebetulnya masuk ke dalam jenis kacang-kacangan, bukan sayuran. Kacang polong mengandung glikosida sianogen. Senyawa ini merupakan bagian dari keluarga sianida. Untuk membuang racun, kacang polong perlu direndam terlebih dahulu. Kacang merah akan lebih baik jika dikonsumsi dengan direbus, setelah sebelumnya direndam air terlebih dahulu. Jika tidak, kita berpotensi terkena haemagglutinin, sebuah racun yang, seperti dislansirkan The Independent, bisa menyebabkan muntah-muntah dan diare.

4. Brokoli, Kol dan Kubis

Mengkonsumsi sayuran ada baiknya juga secara langsung maupun dimasak terlebih dahulu. Namun mengkonsumsi sayuran secara mentah juga bisa menyebabkan masalah pencernaan bagi sebagian orang. Siapa pun boleh saja mengkonsumsinya secara mentah, namun perlu berhati-hati dalam jumlah porsi yang wajar. Seperti sayuran brokoli mengandung gula majemuk yang disebut raffinose. Itu tidak diserap oleh tubuh dan dipecah oleh bakteri di usus besar, akibatnya, kita akan merasa kembung dan memiliki penumpukan gas.


Dengan hal ini untuk menghindari risiko masalah pencernaan. Selain itu, Taub-Dix menyarankan, potonglah sayuran tersebut dengan baik dan jika tidak terbiasa, hindari mengkonsumsi secara bersamaan. Nah itulah dari ke empat sumber makanan yang mungkin disarankan tidak dikonsumsi secara mentah karena adanya zat tertentu dapat menimbulkan resiko gangguan pencernaan.

0 Response to "Empat Sumber Makanan Tidak Boleh Dimakan Mentah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel