Advertisment

Manfaat Cabe Merah Besar

Cabe merah identik dengan warna merah cerah dengan memiliki tekstur kulit sedkit tebal. Cabe merah sudah dikenal dengan nama ilmiah Capsicum annuum. Dari banyaknya berbagai jenis cabe yang menjadikan favorite penulis yaitu cabe rawit dan jalapenos (cabe hijau dan merah). Cabe merah besar sudah dikenal dengan memiliki kandungan vitamin C yang tinggi bahkan 7 kali lipat lebih besar. Tahukah anda cabai merah besar dapat dikonsumsi secara langsung karena dengan betakaroten juga berperan dengan rasa pedasnya dapat membakar kalori sehingga cocok bagi mereka yang ingin menjaga bentuk tubuh agar tetap langsing. Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui menurut beberapa penelitian cabai merah dapat mencegah penyakit salah satunya dengan menjaga kesehatan mata seperti katarak.

Ilustrasi Cabe Merah Besar/Pexels

Manfaat Cabe Merah Besar


Cabai merah besar memiliki bermanfaat untuk kesehatan, sisi baik kandungan didalamnya terdiri dari protein, karbohidrat, gula, serat, lemak, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, zat besi, magnesium, kalium, air dan capsaicin. Adapun yang sangat penting Cabe merah sangat tinggi akan caratenoids antioksidan, sehingga sangat berguna untuk berbagai macam kesehatan tubuh. Namun jangan sampai mengonsumsi cabai berlebihan, karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Berikut ini  authoritynutrition.com seperti yang dilansir manfaat yang lebih penting lainnya:

Detoksifikasi


Cabe merah memiliki Ferulic acid merupakan antioksidan yang berfungsi untuk mencegah penyakit kronis. Selain itu juga dapat membantu detoksifikasi gastrointestinal dalam mencerna makanan, dan membuang zat-zat yang tidak terpakai oleh tubuh. Selain itu juga mampu meningkatkan nutrisi ke dalam jaringan tubuh sehingga dapat melakukan metabolisme yang baik.


Stimulasi Otak


Zat baik bernama Capsaicin dalam kandungan cabai juga merangsang otak untuk mengeluarkan endorfin yang memberikan rasa khasnya. Maka dari itu pula bisa jadi ketagihan cabai. Selain itu juga hormon serotonin mengatur suasana hati, mencegah depresi pada diri Anda.


Dopamin


Dopamin merupakan salah satu hormon yang memiliki rasa kesenangan yang dilepaskan ketika Anda berusaha menuju tujuan tertentu. Hormon yang dapat memotivasi diri dan untuk Anda agar dapat bekerja lebih keras untuk mencapai tujuan seperti apa yang diharapkan. Oleh karena itu hormon tersebutlah yang membuat Anda waspada dan fokus akan suatu hal.

Baik Untuk Jantung

Cabe merah besar yang memiliki kemampuan untuk menurunkan risiko terkena serangan jantung serta mencegah terjadi penyumbatan pada pembuluh darah. Ada peran penting dari vitamin B6 dan asam folat level homocysteine dapat merusak pembuluh darah dan meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung.


Menurunkan Berat Badan


Senyawa baik Capsaicin dapat mengurangi asupan kalori sehingga sanagat cocok untuk menurunkan berat badan. Didalam sebuah penelitian yang telah menunjukkan bahwa dari beratnya saja sekitar 10 gram cabe merah besar mampu meningkatkan pembakaran lemak pada perempuan dan laki-laki. Jadi cabe merah besar jika dikonsumsi menjadi salah satu alternatif untuk membakar lemak.

Bikin Panjang Umur

Jika sabat womenia suka mengkonsumsi makanan pedas salah satu bahan makanan terdapat cabe merah besar salah satunya, telah dipercaya apabila mengkonsumsinya dalam seminggu cenderung memiliki umur yang lebih panjang. Namun jangan dianggap sepele jika dikonsumsi berlebihan yang dapat menimbulkan gangguan pencernaan.
comments

0 Response to "Manfaat Cabe Merah Besar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel