Fakta Sehat Jagung Rebus Untuk Ibu Hamil dan Janin

Jagung rebus merupakan salah satu makanan sehat sangat penting untuk ibu yang sedang menjalankan atau selama masa kehamilan. Dengan hal ini mengkonsumsi jagung rebus memang sangat baik untuk kesehatan ibu yang sedang mengandung, maupun bayi yang ada di dalam kandungan didalamnya. Oleh karena itu jagung banyak mengandung vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh ibu dan janin. Salah satu diantaranya yakni mengandung beberapa sumber energi seperti kalori, air, protein, karbohidrat, gula, serat, lemak, omega-3, omega-6, folat, vitamin. Selain itu juga terdapat mineral seperti zinc dan magnesium yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh ibunda. Selain itu juga di sarankan untuk mengkonsumsi sayuran dan buah lainnya.


Jagung memang banyak mengandung serat pangan dan airnya yang sangat penting untuk ibu sedang hamil. Kandungan serat juga baik untuk memperlancar sistem pencernaan. Dengan hal ini akan membuat ibu hamil terhindar dari salah satu penyakit yakni sembelit atau susah buang air besar. Selain itu juga, jagung rebus merupakan makanan kaya serat dan kalori. Pada usia kehamilan trimester dua dan trimester tiga. Ibu hamil butuh asupan tambahan hingga 300 sampai 500 kalori sehari untuk memenuhi akan nutrisi lain yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin.

Fakta Sehat Jagung Rebus/Rawpixel


Dilansir dari Healthline jagung rebus memang banyak nutrisinya sangat mengejutkan, jagung merupakan sumber antioksidan dibanding biji-bijian dari sereal lainnya, seperti lutein, zeaxanthin, asam ferulat, dan beta-karoten. Nah dari banyaknya nutrisi yang sangat baik bagi tubuh, berikut ini nutrisi penting juga fakta sehat dari jagung rebus bagi ibu hamil dan janin.

Tinggi Protein


Selama menjalankan program atau masa kehamilan, terutama trimester kedua dan ketiga, protein merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan. Protein berfungsi sebagai perkembangan yang menyusun sel-sel tubuh janin dan berperan penting dalam pertumbuhannya. Selain itu Verywellfit.com telah menyebutkan, bahwa protein juga sangat penting untuk tubuh ibu hamil yang semakin membesar, guna mengakomodasi kebutuhan nutrisi pada janin yang sedang tumbuh dan berkembang.



Menjaga Berat Badan Ibu dan Janin


Beberapa bayi baru lahir dari ibu yang kekurangan nutrisi seperti prematur, dengan demikian biasanya memiliki berat badan yang rendah. Konsumsi jagung rebus sangat bermanfaat bagi ibu hamil akan mencegah bayi kekurangan nutrisi sehingga bayi lahir dengan sehat dan berat badan yang cukup. 


Menjaga Kesehatan Janin


Selain itu juga disarankan untuk mengkonsumsi buah kiwi dan beberapa vitamin B6 akan membantu mengatasi morning sickness dan menghasilkan sel darah merah, sedangkan vitamin B9 atau folat berguna mencegah anemia pada ibu hamil dan cacat tabung saraf janin.


Masih banyak makanan lain selain jagung rebus ada juga salah satu buah yang baik untuk perkembangan ibu hamil dan janin seperti tomat dan kentang yang juga baik dikonsumsi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Selain memperhatikan asupan nutrisi dari makanan, jangan lupa untuk rajin memeriksakan kandungan ke dokter spesialis kandungan..

0 Response to "Fakta Sehat Jagung Rebus Untuk Ibu Hamil dan Janin"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel